Kepala Bapenda Kota Makassar, Irwan Adnan

Menuju New Normal, Bapenda Makassar Buru Target PAD Rp900 Miliar

Rabu, 10 Juni 2020 | 19:34 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp900 miliar harus dicapai Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar. Olehnya, upaya terus dilakukan agar bisa memenuhi target.

Sebelumnya, Bapenda Kota Makassar menetapkan target sebesar Rp1,7 triliun. Akan tetapi, pandemi Corona yang terus melanda, pihaknya pun harus menurunkan target.

Kendati, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar tengah bersiap untuk menuju kondisi New Normal. Untuk itu, pihaknya, kata Irwan, mulai kembali bergerak.

“Bulan ini kita mulai bergerak, jadi bulan Juli mudah-mudahan bisa recovery kembali,” kata Irwan, Senin (8/6/2020).



Selain membawa angin segar bagi pendapatan daerah, sejumlah objek pajak lainnya, ia mengatakan, bahwa dapat kembali beroperasi. Seperti misalnya hotel, restoran hingga tempat hiburan.

Walau demikian, pihaknya tetap mengambil kebijakan dengan memberikan kelonggaran kepada para objek pajak selama pandemi. Seperti penundaan-penundaan pembayaran pajak hingga menghilangkan denda pajak.

“Jadi kalau mereka memiliki kemampuan untuk itu (bayar pajak) silahkan bayar tapi kalau tidak ada tidak apa-apa. Jadi tetap sesuai dengan kondisi,” ucapnya.

Tak hanya itu, penerapan Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 31/2020 terkait. pedoman pelaksanaan protokol kesehatan pun diminta untuk diterapkan. Termasuk pelaku usaha, seperti hotel dan restoran untuk menyediakan menu yang dapat meningkatkan imun. 

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menekan angka penyebaran Covid-19. Tanpa mengesampingkan laju pertumbuhan ekonomi selama pandemi. 

“Kita kasih peluang mereka untuk buka, tapi tetap menerapkan protokol kesehatan. Hotel dan restoran juga kita minta untuk menyediakan makanan dan minuman yang memiliki daya imun yang tinggi,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA