Kelas Motivasi dari program MACCA yang digagas Disdik Maros berlangsung di SMPN 5 Mandai, Kamis (11/06/2020).
#

Disdik Maros Gagas MACCA, Gerakan Gemar Membaca Bagi Siswa

Kamis, 11 Juni 2020 | 16:00 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAROS, GOSULSEL.COM – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Maros menggagas Gerakan Maros Cinta Baca (MACCA). Dimana program ini diperuntukkan bagi siswa sekolah.

Disdik Maros sendiri melalui MACCA, telah meresmikan sejumlah baruga baca, sudut baca, dan media baca lainnya. Tak hanya itu, kelas motivasi juga telah digelar, dua sekolah pun telah disasar yakni SMPN 6 Moncongloe dan SMPN 5 Mandai.

Di SMPN 5 Mandai, Wakil Ketua DPRD Maros H.A.S Chaidir Syam rupanya menjadi narasumber. Kemudian Dahlan sebagai moderator yang juga salah satu pengawas sekolah.

Sementara di SMPN 6 Moncongloe, Kepala Dinas PPPA Idrus bertindak sebagai narasumber. Lalu Sekretaris Rumah Dongeng Chapter Maros, Ima Fatimah sebagai moderator.



Dalam pertemuan yang dilakukan via Zoom ini, Wakil Ketua DPRD Maros, Chaidir Syam ini memberi motivasi kepada sekitar 40 siswa. Chaidir memberikan semangat untuk siswa selalu punya percaya diri untuk membangun keberaniannya dalam menggapai cita-citanya

Chaidir juga memotivasi siswa untuk menjadikan membaca sebagai motivasi utama. Dimana dengan mencintai dunia baca dan mencintai buku.

“Hormat kepada orang tua dan senantiasa meminta restu dan doanya dalam setiap belajar, membaca merupakan modal utama untuk menambah pengetahuan yang ada,” jelasnya, Kamis (11/06/2020).

Sedangkan, Kepala Dinas PPPA Maros, Idrus memotivasi siswa SMPN 6 Moncongloe untuk percaya diri dengan banyak membaca.

“Membaca adalah awal dari segala ilmu, sehingga membaca harus dijadikan bagian dari kehidupan sehari hari,” katanya.

Kedua narasumber ini mengapresiasi positif program MACCA sebagai sebuah gerakan inovasi untuk memajukan pendidikan Kabupaten Maros. Gerakan ini diharapkan menjadi embrio pembiasaan membaca dan menjadi budaya baca di kalangan siswa dan masyarakat Maros.

Terakhir, Kepala Disdik Maros, Takdir menyampaikan terima kasih kepada Wakil Ketua DPRD Maros, Chaidir Syam dan Kepala Diana PPPA, Idrus yang telah berkenan menjadi narasumber dalam sesi kelas inspirasi ini.

“Berharap kepada siswa untuk menjadikan motivasi kedua tokoh ini untum dijadikan panutan dalam meraih cita-cita mereka,” harapnya. (*)