Cegah Penularan Covid-19, PD Pasar Siapkan Tirai Plastik untuk Lapak

Jumat, 12 Juni 2020 | 19:38 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Perusahaan Daerah (PD) Pasar Makassar Raya telah menyiapkan sejumlah protokol kesehatan selama pasar beroperasi di tengah pandemi. Salah satunya, ialah memasang tirai plastik di setiap lapak pedagang.

Direktur Utama (Dirut) PD Pasar Makassar Raya, Basdir menjelaskan, bahwa upaya tersebut dilakukan seiring telah berjalannya Perwali Nomor 31 Tahun 2020 tentang penerapan protokol kesehatan. Olehnya, tirai plastik disiapkan untuk membatasi pedagang dan pembeli.

“Jadi ada tirai plastik kita pasang nanti di dalam membatasi pedagang dan pembeli tapi baru 5 pasar. Kemudian alat cuci tangan, semua pasar sudah di support oleh Pemkot maupun sponsor semua sudah ada di pintu-pintu  masuk dan keluar itu sudah ada,” kata Basdir saat ditemui di Gedung DPRD Kota Makassar, Jumat (12/6/2020).

Pentingnya memerhatikan jarang antar pedagang dan pembeli, kata Basdir, untuk mencegah penularan Covid-19 di saat terjadi transaksi antar pembeli dam pedagang. Karena jika terlalu dekat atau rapat dikhawatirkan akan ada yang tertular.



“Rencana kami mau bikin sesuatu supaya bisa diatur jaraknya mungkin ke depan pimpinan kedepan, dewan bisa mensupport bisa membantu bagaimana caranya supaya bisa dikasi berjarak ini pedagang,” terangnya.

Diketahui, sebanyak 6943 pedagang di 18 pasar tradisional telah melakukan rapid test. Alhasil, terdapat 207 orang berstatus reaktif Covid-19. Pemeriksaan dilakukan lantaran pasar merupakan salah satu daerah yang rawan terjadinya penyebaran virus.

“Pasar memang sebuah tempat yang sangat rentan sangat rawan terhadap penularan Covid-19 ini,” paparnya.(*)


BACA JUGA