Ilustrasi Virus Corona

Klaster Lapas Wanita Sumbang Jumlah Positif Covid-19 Terbanyak di Sulsel

Jumat, 12 Juni 2020 | 21:54 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Klaster Lembaga Permasyarakatan (Lapas) wanita menjadi penyumbang terbanyak dalam jumlah pasien positif Covid-19 di Sulsel. Klaster ini di tracking melalui rapid test dan dilanjutkan dengan tes swab atau spesimen.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, mengaku, hasil rapid test dan tes swab dari lapas wanita ini, hasilnya sangat mengagetkan. Sebab, ada 48 yang reaktif Corona dan ditemukan 8 orang positif usai menjalani tes lanjutan, yakni pemeriksaan swab. 

“Memang terakhir klaster lapas wanita itu mengagetkan kita, karena ada 48 yang terkonfirmasi positif setelah hasil rapid kemudian dilanjutkan swab. Dan ada 8 yang kita harus rujuk ke rumah sakit, sisanya kita karantina di Duta Covid-19, di hotel,” ungkapnya, Jumat (12/6/2020). 

Mantan Bupati Bantaeng dua periode ini berharap, kasus serupa di lapas tidak terjadi lagi. Karena belum lama ini dirinya sudah berdiskusi dengan Kakanwil Kemenkumham dan pihak terkait yang menangani lapas. 

“Insha Allah, kita akan memberikan 5.000 lagi rapid test, untuk kita melakukan rapid secara massal di Sulsel, terutama yang memang cenderung kita lihat yang berpotensi untuk menularkan,” jelasnya. 

Pria asal Parepare ini meyakini trend kenaikan jumlah pasien positif Covid-19 di Sulsel ini menandakan bahwa semua pihak aktif bekerja. Ini karena upaya tracing kontak sudah gencar dilakukan. 

“Tapi yakinlah dengan trend kenaikan ini, ini suatu tanda bahwa semakin aktif kita melakukan tracking, semakin aktif melakukan testing, baik itu rapid test maupun PCR. Mudah-mudahan ini cukup menekan angka pertumbuhan. Saya meyakini bahwa kerja-kerja teman-teman di lapangan ini membuahkan hasil,” tutupnya.(*)