Petugas Satpol PP Makassar saat memeriksa suhu tubuh pengunjung Mal Panakkukang, Kamis (11/06/2020).

Pastikan Protokol Kesehatan Berjalan, Pemkot Makassar Bentuk Inspektur Covid-19

Jumat, 12 Juni 2020 | 11:04 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pelbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dalam menekan penyebaran Corona atau Covid-19. Terbaru, tim khusus dibentuk yang diberi nama Inspektur Covid-19.

Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Yusran Jusuf menjelaskan, tujuan dibentuknya Inspektur Covid-19 ialah melakukan edukasi dan sosialisasi kepada seluruh masyarakat di tempat-tempat umum. Baik itu di pasar, mall, fasilitas umum termasuk tempat ibadah.

“Inspektur Covid-19 ini merupakan tim lapangan yang bertugas menemui warga di tempat umum untuk memberikan pemahaman akan kewajiban pemakaian masker saat keluar rumah atau ketika beraktifitas di tempat kerja, rutin mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer,” ujarnya, Kamis (11/06/2020).

Menurutnya, langkah ini bagian dari pengawasan dan pemantauan terhadap pelaksanaan protokol kesehatan pasca PSBB. Sekaligus memastikan berdasarkan Peraturan Wali Kota (Perwali) 31 Tahun 2020 tentang penerapan protokol kesehatan di tempat umum.

Di tempat berbeda, Kasatpol PP Kota Makassar, Iman Hud menjelaskan tim khusus tersebut merupakan gabungan aparat Satpol PP serta sejumlah stakeholder lainnya. Mereka melakukan pengawasan secara langsung kepada seluruh pelaku usaha agar senantiasa mematuhi seluruh protokol kesehatan.

“Kita akan jelaskan kepada pelaku-pelaku usaha dilapangan tentang syarat-syarat pembukaan usaha, termasuk sanksi-sanksi nya. Kita harus sepakat bahwa untuk melawan penyebaran virus ini yang paling penting adalah kepatuhan dan ketaatan kita semua menjalankan protokol kesehatan yg tertuang dalam Perwali 31,” ujar Iman.

Tim Inspektur Covid-19 akan terus melakukan tugasnya dengan mengawasi tempat umum seperti mal-mal besar. Termasuk ke tempat lainnya untuk memberikan edukasi langsung kepada masyarakat. (*)


BACA JUGA