Promosi doktor tokoh muda Maros Muhammad Nurjaya yang berlangsung selama dua jam lebih melalui metode daring via zoom meeting, Jumat (12/6/2020)
#

Ujian Promosi Doktor di Unhas, Nurjaya Lulus dengan Predikat Sangat Memuaskan

Jumat, 12 Juni 2020 | 17:05 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

MAROS, GOSULSEL.COM — Promosi doktor tokoh muda Maros Muhammad Nurjaya yang berlangsung selama dua jam lebih melalui metode daring via zoom meeting telah selesai dilakukan dengan meraih predikat sangat memuaskan atau cum laude, Jumat (12/6/2020).

Promosi doktor yang dipimpin oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unhas Prof. Dr. Armin Arsyad, M. Si, itu dihadiri oleh guru besar Unhas, rektor UMMA, civitas akademik UMMA, aktivis Maros, tokoh pemuda, tokoh politik, dan sejumlah ketua lembaga kepemudaan yang ada di Maros.

Saat mempertahankan apa yang menjadi disertasi Nurjaya yang berjudul “collaboration governance pada program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) di Kabupaten Maros”, terlihat begitu santai dalam menjawab setiap pertanyaan.



Meskipun, guru besar, promotor, co promotor dan penguji tidak hanya sekedar mempertanyakan apa yang menjadi isi dari disertasi Nurjaya. Akan tetapi juga bagaimana hal tersebut bisa menjadi rujukan oleh pelaku kebijakan khususnya di Kabupaten Maros.

Nampak begitu bersemangat, para penguji juga memberikan aplaus terhadap jawaban-jawaban yang diberikan oleh Nurjaya. Yang dimana salah satu aplaus datang dari promotor Prof. Dr. Sangkala Rewa.

Di akhir ujian Prof. Dr. Armin Arsyad, M. Si, yang memimpin jalannya ujian promosi doktor menyatakan bahwa Muhammad Nurjaya berhak menyandang doktor dan mendapat nilai sangat memuaskan.

“Atas nama rektor Unhas, Selamat kepada pak Nurjaya. Hasil dari penelitian ini sekiranya menjadi acuan pengelolaan air yang ada di Maros, Indonesia dan mancanegara. Disertasi ini juga bisa menjadi acuan kolaboratif dari pemerintah, masyarakat dan pelaku usaha seperti PDAM dan swasta lainnya,” ujar Prof. Dr. Armin Arsyad, M. Si, sebelum menutup ujian promosi Nurjaya.

Sementara itu, Muhammad Nurjaya, mendapat pujian dan tanggapan dari ketua sidang serta pihak lainnya. Mengucap amin dan berharap pula hasil disertasi tidak hanya menjadi bacaan saja dikemudian hari.

“Aamiin…. Terima kasih banyak yang terpelajar Prof. Dr. Armin Arsyad, M. Si,” jawab Nurjaya.

Selain dikenal sebagai tokoh pemuda, ia juga banyak berperan aktif dalam proses perkembangan kepemudaan. Nurjaya juga saat ini menjabat sebagai wakil rektor I UMMA bidang akademik dan kemahasiswaan.(*)