501 PPS di Kabupaten Gowa Dilantik Secara Virtual

Senin, 15 Juni 2020 | 20:58 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa melantik sebanyak 501 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Gowa Tahun 2020 se-Kabupaten Gowa secara virtual melalui aplikasi zoom, Senin (15/6/2020).

Ketua KPU Kabupaten Gowa, Muhtar Muis mengatakan 501 orang PPS yang dilantik merupakan anggota PPS yang berada di 167 desa dan kelurahan di Kabupaten Gowa. Ia juga menyebutkan pelantikan ini merupakan lanjutan dari tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 yang sempat tertunda akibat pandemi Virus Corona atau Covid-19.

Lanjut Muhtar Muis, sejumlah tahapan Pilkada dalam waktu dekat ini juga akan segera dilaksanakan. Seperti perekrutan petugas pemutahiran data pemilih yang akan dilakukan pada tanggal 24 Juni hingga 13 Juli 2020 mendatang.

Kemudian proses pendaftaran pasangan calon akan dilaksanakan 4 hingga 6 September, sedangkan masa kampanye akan dimulai pada tanggal 26 hingga 5 Desember. Sedangkan untuk hari pemilihan akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020,” jelas Muhtar.



Sementara itu Ketua KPU Provinsi Sulawesi Selatan, Faisal Amir meminta agar penyelenggara Pilkada yang baru saja dilantik agar tetap bekerja dengan baik. Menurut Faisal, Pilkada tahun ini akan sediki berbeda dengan pilkada sebelumnya. Karena Pilkada tahun ini akan dilaksanakan di tengah Pandemi Covid-19.

“Ini berarti kawan-kawan sekalain punya tantangan tersendiri dan punya fenomena tersendiri. Karena selama ini, kalau kita hanya membahas soal  penyelenggaraan pemilihan juga kita akan membahas soal kesehatan. Dalam Pilkada 2020 ini ada dua hal yang mesti kita jaga dan sukseskan, yaitu menyelamatkan masyarakat Indonesia dan demokrasi Indonesia,” jelasnya.

Faisal berharap kepada seluruh penyelenggara Pilkada di Kabupaten Gowa untuk mensukseskan Pilkada serentak ini salah satunya meningkatkan partisispasi pemilih. Dan ia berharap Kabupaten Gowa menjadi contoh penyelenggaraan Pilkada tahun 2020. (*)


BACA JUGA