Plt Kepala DLH Makassar, Andi Iskandar

Pemkot Makassar Segera Bangun Tugu Nol Kilometer, Ini Lokasinya

Senin, 15 Juni 2020 | 16:09 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan membangun tugu nol kilometer. Lokasinya sendiri bakal didirikan di sekitar Pelabuhan Soekarno-Hatta, tepatnya sebelum memasuki jalan tol.

Adapun desain pada titik nol kilometer akan dibangun dengan konsep taman tematik. Hal tersebut disampaikan Plt Kepala DLH Makassar, Andi Iskandar.

Ia juga mengatakan, bahwa Pemkot Makassar akan menggandeng PT Pelindo IV. Kerjasama ini dilakukan untuk menghadirkan taman ikonik nol kilometer ini. Pihak Pelindo sendiri akan membantu dalam segi pendanaan.

“Anggaran penataan taman tematik yang dilengkapi di tugu titik nol ini menggunakan dana tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR dari PT Pelindo 4 dan telah disetujui oleh pihak Pelindo,” kata Andi Iskandar, Jumat (12/6/2020).



Pemkot bersama Pelindo sudah menyiapkan desain untuk penataan taman titik nol. Pembangunnya akan dilakukan di atas lahan seluas sekitar 2.000 kilometer persegi.

Andi Iskandar pun menambahkan, sejauh ini pihaknya masih menemukan kendala. Khususnya dari segi izin penggunaan lahan. 

Pasalnya, lahan yang akan digunakan untuk membangun taman titik nol kilometer bukan milik Pemkot Makassar. Melainkan merupakan lahan dari Direktoral Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR.(*)


BACA JUGA