Pj Wali Kota Makassar, Yusran Jusuf saat ditemui di Posko Covid-19 Kota Makassar, Senin (15/6/2020)

Skenario PSBB Tahap Tiga Mencuat, Yusran Jusuf Belum Putuskan

Senin, 15 Juni 2020 | 18:41 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Tim Konsultan Gugus Tugas Covid-19 Sulsel,  Ridwan Amiruddin menyebutkan, bahwa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap ketiga mesti diterapkan di Makassar. Apabila nantinya kasus Covid-19 masih terus meningkat.

“Jelas, terapkan PSBB tahap tiga atau program yang setara dengan PSBB,” tegasnya saat dihubungi, Sabtu (13/6/2020).

Nantinya, Pemkot Makassar diminta lebih tegas dalam menegakkan aturan yang ada didalamnya. Sehingga, angka kasus bisa ditekan dan tidak menjadi sekadar asal diterapkan saja, tanpa ada ketegasan.

“PSBB itu instrumen saja yang penting isinya dapat diterapkan secara disiplin,” jelas Dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unhas ini.



Sehubungan adanya kabar tersebut, Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Yusran Jusuf angkat bicara. Ia pun mengaku belum bisa memutuskan terkait hal tersebut.

“Kalau itu belum,” singkat Mantan Dekan Fakultas Kehutanan Unhas ini saat ditemui di Posko Covid-19 Kota Makassar, Senin (15/6/2020).

Kebijakan PSBB, kata dia, harus diterapkan berdasarkan kajian dari pemerintah pusat dan pemerintah provinsi (Pemprov) Sulsel. Pihaknya saat ini hanya terus menggenjot program Inspektur Covid-19.

“Yang kami lakukan sekarang memperkuat inspektur Covid-19. Kita gerakkan 500 inspektur untuk memastikan penerapan protokol kesehatan,” ujarnya.(*)


BACA JUGA