Kadis PUPR Bulukumba meninjau pengerjaan talud Jalan Poros Borongloe-Balibo
#

Kepala Desa Mengadu, Kadis PUPR Bulukumba Tinjau Pengerjaan Talud Jalan Poros Borongloe-Balibo

Rabu, 17 Juni 2020 | 20:48 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Khaerul Fadli - Gosulsel.com

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM — Pengerjaan talud jalan di poros Desa Borongloe menuju Desa Balibo menuai protes oleh Kepala Desa Benteng Gantarang, Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba.

Lantaran dianggap pengerjaannya asal-asalan, Kepala Desa Asbar mengadu ke Kadis PUPR dan mengajak langsung Rudy Ramlan untuk meninjau lokasi pengerjaan talud tersebut.

Setiba di lokasi, sesuai pemantauan Gosulsel.com, Kepala Desa Benteng Gantarang mengecek kondisi talud tersebut dengan menyungkil menggunakan tangan dan hasilnya beberapa meter talud tersebut tidak digali selayaknya untuk pemasangan pondasi bahkan sangat mudah untuk terbongkar.



Saat ditanya di lokasi, Asbar menyebut bahwa pihak CV Pratindo harusnya bekerja maksimal biar hasilnya juga bisa maksimal.

“Harusnya pihak CV Pratindo ini bekerja sesuai RAB biar tidak bekerja dua kali,” kata Asbar pada media saat ditemui di lokasi.

Ia mengkhawatirkan jika dengan pengerjaan talud yang tidak sesuai sop bisa menimbulkan jalanan longsor nantinya.

“Kalau seperti itu model taludnya saya khawatirkan tidak lama rusak kembali. Sementara kan di lokasi tersebut itu tebing-tebing,” tuturnya.

Ia juga meminta para pekerja untuk konsisten saat bekerja. “Jangan bagus cara kerjanya ketika ada yang awasi. Nanti ketika tidak terpantau seenaknya saja cara kerjanya,” ujarnya.

Sementara itu, Kadis PUPR Rudy Ramlan menyampaikan bahwa dirinya tadi kebetulan bersama Kepala Desa Benteng Gantarang di lokasi aksi pemuda Borongloe Timur.

“Tadi Pak Desa mengadu ke saya soal pengerjaan talud tersebut, ia khawatirkan hasilnya kurang maksimal,” kata Rudy Ramlan.

Rudy menambahkan, tadi sore dirinya telah menghubungi Konsultan Pengawasan Pembangunan Jalan untuk segera turun ke lokasi meninjau pekerjaan ruas Jalan Borong Loe Tengah – Kantisang Desa Balibo.

“Saya sampaikan ke konsultan untuk memberikan teguran kepada pelaksana jika ditemukan ada pekerjaan yang tidak sesuai RAB,” terangnya.

Lanjutnya, “Saya akan pantau semua ruas jalan yang dilaksanakan tahun 2020 ini. Jadi saya harap para pelaksana pekerjaan dan konsultan pengawas untuk berkoordinasi dengan baik jika ada kendala dalam pelaksanaan pekerjaan di lokasi,” jelasnya.

Untuk diketahui, dalam kunjungan tersebut turut hadir Dewan Andi Soraya dari Dapil Gantarang-Kindang dan Kanit KBO Sat Intelkam Polres Bulukumba Ipda Andi Suparman SH. MH.(*)