Kawasan Ekowisata Mangrove Lantebung

Resmikan Wisata Mangrove Lantebung, BI dan Pemkot Makassar Dorong Pariwisata Sulsel

Kamis, 18 Juni 2020 | 23:07 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Bank Indonesia (BI) mendukung penuh pengembangan pariwisata di Sulawesi Selatan, mengingat sektor pariwisata dapat menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru dan membantu Indonesia mengurangi defisit transaksi berjalan.

“BI sangat mendukung perkembangan pariwisata termasuk di Sulsel. Mengingat sektor pariwisata kembali lagi dapat menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru,” ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Bambang Kusmiarso, pada acara peresmian program sosial Bank Indonesia pada Kawasan Ekowisata Mangrove Lantebung yang dilakukan melalui telekonferensi, Kamis (18/6/2020).

pt-vale-indonesia

Sampai dengan saat ini, BI Sulsel telah mendorong pengembangan wisata unggulan di Sulawesi Selatan, antara lain Kawasan Karst Rammang-rammang, Kabupaten Maros, Kawasan Ekowisata Mangrove Tongke-tongke, Kabupaten Sinjai dan Kawasan Ekowisata Mangrove Lantebung, Kota Makassar.

Kota Makassar dikenal memiliki banyak potensi pariwisata seperti wisata sejarah dan keindahan maritim. Selain itu, keragaman kuliner juga dapat menjadi daya tarik wisata tersendiri bagi pengunjung di Kota Makassar.

Perlu disadari bahwa sebagai kota transit, pengunjung di Kota Makassar tidak selalu mempunyai waktu yang cukup panjang untuk melakukan kegiatan wisata. Untuk menjawab kebutuhan itu, perlu dikembangkan objek wisata dengan jarak tempuh yang tidak terlalu lama.

Kawasan Ekowisata Mangrove Lantebung memiliki keunggulan akses yang berjarak tidak terlalu jauh dari pusat kota dan Bandar Udara Sultan Hasanuddin, sehingga memungkinkan untuk dikunjungi oleh wisatawan yang memiliki waktu kunjungan yang pendek.

“Dalam hal ini, Bank Indonesia mencoba mengembangkan Kawasan Ekowisata Mangrove Lantebung melalui pembangunan amenitas yakni spot foto, gapura identitas, perpanjangan tracking, gazebo, papan informasi serta penunjuk arah,” papar Bambang.

BI Sulsel bersama Pj Wali Kota Makassar meresmikan pembangunan amenitas pendukung untuk mengembangkan Kawasan Ekowisata Mangrove Lantebung pada Kamis (18/6/2020). Peresmian turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulsel beserta jajaran kepala untuk Bappeda Kota Makassar, Dinas Pariwisata Kota Makassar, Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar dan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Makassar menyampaikan perlunya strategi untuk mendorong kembali pertumbuhan ekonomi pasca berakhirnya pandemi Covid-19. Salah satu upaya recovery adalah melalui pengembangan sektor pariwisata.

“Oleh karena itu kami berterima kasih bahwa acara ini juga menjadi momentun upaya kita untuk kembali mendorong bagaimana sektor pariwisata ini bisa kembali aktif,” tuturnya.

Selanjutnya disampaikan pula bahwa fokus pariwisata Kota Makassar adalah wisata alam terbuka dengan ciri maritim.

“Saya dalam waktu dekat memang ingin memfokuskan juga mendorong perbaikan salah satu tempat wisata yang sangat berpotensi yaitu pulau Samalona dan juga pulau Lakkang. Saya kira ini menjadi salah satu yang sangat bagus menjadi rangkaian wisata sungai atau sekaligus wisata alam,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA