Rapat Persiapan pelaksanaan Wisuda Program Sarjana, Magister, Doktor, Spesialis dan Profesi Periode III dan IV Tahun Akademik 2019/2020 berlangsung di Ruang Rapat A, Lantai 4 Gedung Rektorat Unhas, Kamis (18/06/2020).

Diikuti 2.045 Alumni, Unhas Siap Gelar Wisuda Secara Virtual

Jumat, 19 Juni 2020 | 10:30 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Bagian Akademik Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar Rapat Persiapan pelaksanaan Wisuda Program Sarjana, Magister, Doktor, Spesialis dan Profesi Periode III dan IV Tahun Akademik 2019/2020. Rapat berlangsung di Ruang Rapat A, Lantai 4 Gedung Rektorat Unhas, Kamis (18/06/2020).

Rapat ini menerapkan protokol pencegahan penyebaran Covid-19. Dimana telah menjadi standar baru dalam kegiatan luar jaringan di Unhas.

Wisuda Periode III Tahun Akademik 2019/2020 seharusnya berlangsung pada 17 dan 18 Maret 2020 lalu. Akan tetapi, berhubung wabah Covid-19 merebak, wisuda tersebut ditunda. Pelaksanaan Wisuda Periode III digabungkan dengan Wisuda Periode IV Tahun Akademik 2019/2020.

Prosesi wisuda direncanakan berlangsung pada tanggal 23 Juni 2020 secara daring melalui aplikasi Zoom. Sebanyak 2.045 wisudawan telah mendaftarkan diri, terdiri dari 1.393 wisudawan Periode III (Maret), dan 652 wisudawan Periode IV (Juni).



Wakil Rektor Bidang Akademik (WR I), Muhammad Restu menjelaskan bahwa pelaksanaan wisuda kali ini merupakan sejarah baru bagi Unhas. Akibat wabah pandemi Covid-19, maka pelaksanaan wisuda digelar secara daring.

“Rapat kita hari ini untuk melakukan persiapan teknis. Selain prosesi dan susunan acara perlu disesuaikan dengan metode daring, juga kita perlu berkoordinasi.  Dari sisi infrastruktur teknologi informasi, saya tahu kita siap. Sehingga rapat ini perlu untuk sinkronisasi. Apalagi wisuda kali ini menerapkan metode baru bagi kita semua,” katanya saat mengawali rapat.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Komunikasi, Suharman Hamzah menguraikan konsep acara wisuda nantinya.  Pada prinsipnya, wisuda secara daring ini akan diikuti oleh para wisudawan dari tempat atau rumah masing-masing.

“Kita menyiapkan platform Zoom, dan akan ditayangkan juga secara langsung melalui platform sosial media yaitu YouTube dan Facebook Live. Para wisudawan akan diberikan ID untuk login, dimana mereka wajib menggunakan profile name yang sudah ditentukan, sehingga mudah diidentifikasi,” kata Suharman.

Panitia Wisuda Unhas akan menyelenggarakan gladi resik sehari sebelum kegiatan, Senin (22/6/2020). Saat itu, seluruh proses wisuda akan disimulasikan. (*)


BACA JUGA