Dexamethasone

Tersedia di Makassar, Obat Covid-19 Dexamethason Sudah Siap Pakai

Jumat, 19 Juni 2020 | 19:03 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyambut hasil uji klinis awal dexamethason. Obat ini rupanya dapat mengurangi kematian pasien Corona atau Covid-19 yang kritis.

Disebutkan bahwa dexamethason mampu mengurangi sepertiga kematian pasien yang menggunakan ventilator. Dan seperlima kematian pasien dengan bantuan oksigen.

“Ini adalah obat pertama yang menunjukkan pengurangan angka kematian pada pasien Covid-19 yang memerlukan bantuan oksigen atau ventilator,” kata Direktur Jenderal WHO, dr Tedros Adhanom Ghebreyesus dikutip dari laman resmi WHO, Rabu (17/6/2020).

Kabar baik ini pun sampai di Indonesia. Bahkan, obat ini juga telah dipakai untuk pasien positif Corona. Beberapa dokter membenarkan jika pengunaannya benar-benar efektif untuk diberikan kepada pasien-pasien kritis Corona.



Di Makassar, dexamethason ternyata sudah tersedia di Rumah Sakit (RS). Hanya saja, penggunaan obat ini tidak sembarangan. Sebab, hanya dokter ahli yang menangani pasien yang bisa memutuskan boleh atau tidaknya digunakan.

“Sudah ada obatnya, sudah ada protap yang dipakai di RS,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin saat ditemui di Posko Covid-19 Makassar, Kamis (18/6/2020).

Adanya protap yang berlaku, maka tidak semua pasien mesti diberikan obat tersebut. Pasalnya, penggunaan obat tidak selalu bisa menolong jiwa pasien ataupun menyembuhkan, karena kesembuhan dinilainya juga terkait dengan banyak faktor.

“Itu tidak tahu, tergantung dokter ahlinya yang kasih di RS, kombinasi-kombinasi yang dia pakai itu kan ada protapnya,” jelasnya.(*)