Sekretaris Kesbangpol Kota Makassar, Akhmad Namsum

Pemkot Makassar Pastikan Pelaksanaan Pilkada 2020 Berlangsung Aman

Sabtu, 20 Juni 2020 | 20:19 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 secara serentak di seluruh Indonesia akan berlangsung pada 9 Desember mendatang. Salah satunya ialah Kota Makassar.

Walau belum ada yang bisa menjamin pandemi Corona atau Covid-19 akan berakhir pada saat pemilihan nanti. Akan tetapi, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar memastikan penghelatan demokrasi itu layak dan aman untuk digelar.

pt-vale-indonesia

Pemkot melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) merasa Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Makassar 2020 merupakan agenda yang sangat penting. Olehnya, mesti disukseskan bersama seluruh pihak.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Kesbangpol Kota Makassar, Akhmad Namsum. Ia mengatakan, pemerintah dalam mewujudkan dinamika dan kualitas demokrasi di Makassar akan menjadi perhatian serius di masa pandemi ini

“Memang secara teknis regulasi pilkada ada di penyelenggara baik itu KPU maupun Bawaslu, tetapi secara khusus dalam menjaga stabilitas keadaan Pilkada di Kota Makassar menjadi tanggung jawab pemerintah, apalagi pelaksanannya di masa pandemi,” kata Akhmad, Sabtu (20/6/2020).

Sehingga, untuk lebih aman dan layaknya Kota Makassar menggelar Pilwalkot 2020 merupakan tanggung jawab seluruh pihak. Baik itu dari pemerintah, TNI, kepolisian dan masyarakat

“Jadi semua elemen punya kewajiban untuk menyukseskan kegiatan pilkada 2020 agar menghasilkan pemimpin berkualitas dan mempunyai orientasi memajukan makassar meski di kondisi pandemi seperti saat ini,” ujarnya.

Olehnya itu, Pilwalkot 2020 yang digelar dalam masa pandemi ini, lanjut Akhmad merupakan tantangan bagi seluruh daerah. Karena kondisi baru dan spesial serta mengharuskan demokrasi tetap berjalan

“Intinya, selama kita semua bisa menjaga dan menjalankan protokol kesehatan dimasa pandemi, dan ketentraman masyarakat selama pandemi karena itu juga adalah tujuan pokok, sehingga stabilitas dan keamanan bisa terjaga, saya rasa kita sudah layak menjalankan pilkada di 9 Desember nanti,” pungkasnya.

Meski pandemi masih melanda, namun seluruh aturan kesehatan tetap dijalankan. Dirinya berkeyakinan Pilwalkot yang digelar 9 Desember mendatang di Kota Makassar akan berjalan aman dan sukses.

“Tetapi semua harapan harapan pemerintah itu bisa berjalan dengan baik harus ditopang dengan kerjasama yang baik, koordinasi yang baik serta informasi yang baik dari seluruh elemen yang ada, mulai dari tingkat atas sampai ketingkat bawah,” tandasnya.

Ia menambahkan bahwa untuk memastikan layaknya Pilwalkot 2020 digelar di Kota Makassar. Pihaknya terus mengedukasi masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Pilwalkot 2020 kali ini, juga akan menjadi orientasi dan harapan yang berkelanjutan bagi masa yang akan datang. Sebab, program pemerintah dalam menghadapi wabah Covid-19 menjadi tonggak keberhasilan pesta demokrasi di Kota Makassar

“Kita berharap dibawa kendali Pj Wali Kota Prof. Yusran Yusuf dapat terukir sejarah dengan Pilkada yang bermartabat dan berkualitas di tengah pandemi Covid-19 dalam melahirkan Pemimpin sesuai pilihan rakyat guna mengantarkan kota tercinta ke arah masa depan sebagai kota yg disegani pada level Nasional dan Internasional,” tutupnya.(*)


BACA JUGA