Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Yusran Jusuf saat melepas 300 personel gabungan untuk melakukan penyemprotan disinfektan secara massal, Sabtu (20/06/2020).

Penyemprotan Disinfektan Massal di Makassar, 3000 Personel Gabungan Diterjunkan

Minggu, 21 Juni 2020 | 08:35 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) kembali menggelar penyemprotan disinfektan massal secara serentak di area publik, Sabtu (20/06/2020). Sebanyak 3000 personel gabungan dilibatkan dalam kegiatan ini.

Mereka resmi dilepas oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Yusran Jusuf. Hadir dalam prosesi pelepasan tersebut Komandan Denpom XIV/4 Hasanuddin Makassar, Letnan Kolonel (Letkol) CPM, Tabi Pasenggong, Asisten 1 Pemkot Makassar, Muhammad Sabri, dan SKPD terkait.

Dalam sambutannya, Yusran mengatakan telah berbagai upaya dilakukan Pemkot Makassar untuk memotong penyebaran rantai virus Corona atau Covid-19. Salah satu yang harus dilakukan ialah dengan melakukan penyemprotan disinfektan secara massal. Kegiatan penyemprotan ini sendiri bakal dilakukan pada akhir pekan selama satu bulan kedepan.

“Hari ini kita melaksanakan dua kegiatan besar. Disinfektan massal di seluruh area publik dan penegakan Perwali 31 Kota Makassar. Kita hari ini mendisiplinkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan. Ini dilakukan sebulan penuh setiap sabtu dan minggu,” ucapnya

3.000 personel yang tergabung, adapun terdiri dari 400 orang dari Satpol PP atau Inspektur Covid-19, 200 orang dari Dinas Perhubungan (Dishub), 200 orang dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), 50 orang dari BPBD, 168 orang Camat dan lurah, 153 orang LPM kelurahan, 30 orang PMI, 996 Ketua RW, dan selebihnya dari pihak TNI dan Polri.

Sedangkan kendaraan water gunner yang menampung 8.000 liter cairan disinfektan yang bergerak ada sebanyak 14 unit. Lalu sebanyak 6 unit untuk kapasitas 6.000 liter, disinfektan sprayer berjumlah 2.500 unit, pemadam motor 800 liter sebanyak 14 unit.

Di depan para personil gabungan, Yusran memberikan apresiasi dan sangat berterima kasih atas keseriusan anggotanya untuk melawan virus Covid-19 ini. Ia pun berharap agar sesama personil tetap menjaga kekompakan dan solidaritas hingga pandemi ini berakhir.

“Saya memberikan penghargaan tinggi untuk personil yang turun langsung. Semoga apa yang dilakukan ini dapat memotong rantai virus Covid-19. Tetap jaga kesehatan,” harap Mantan Dekan Fakultas Kehutanan Unhas ini.

Pelepasan pun ditandai dengan senam sehat bersama ala Satpol PP. Usai senam bersama Yusran dan rombongan ikut berkeliling memantau jalannya penyemprotan massal. Titiknya dimulai dari Jalan Jendral Sudirman, Landak Lama, Veteran, Bawakaraeng dan kembali ke Jalan Jenderal Sudirman. (*)


BACA JUGA