Salah satu pengendara yang melintas di Jalan Penghibur saat diberhentikan petugas untuk menggunakan masker, Senin (22/6/2020)

Razia Masker di Jalan Penghibur, Puluhan Pengendara Langgar Protokol Kesehatan

Senin, 22 Juni 2020 | 20:52 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Razia masker digelar oleh aparat gabungan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar. Kegiatan ini berlangsung di Jalan Penghibur, Senin (22/6/2020).

“Hari ini kita turun 100 orang tim melibatkan TNI polri dari Dinas Perdagangan, Disnaker PTSP, BPBD menyampaikan sosialisasi dan edukasi. Sehingga dalam rangka memutus mata rantai Covid-19 yang semakin masif akan mudah kita dilakukan,” jelas Kepala Satpol PP Kota Makassar, Iman Hud.

Dalam razia tersebut, petugas menilang puluhan pengendara yang melanggar protokol kesehatan. Jenis pelanggaran yang ditemukan ialah lantaran mereka tidak menggunakan masker.

Kemudian, kata Iman, mereka pun diberikan masker. Namun sebelumnya, para pelanggar di data terlebih dahulu. Sehingga, bisa diketahui siapa saja nama pelanggar dan akan ditindaki lebih lanjut jika kembali melakukan pelanggaran.



“Bagi pengendara melanggar kita kasih masker gratis, tapi kalau pengendara punya masker tapi dikantongi pakai. Karena itu syarat wajib pakai masker di luar rumah yang tidak pakai masker kita kasih gratis dengan catatan,” ujarnya.

Lanjut, Iman mengatakan, bahwa penyitaan kartu identitas KTP bakal dilakukan apabila mereka telah melanggar sebanyak tiga kali. Teguran lebih dulu dilakukan, lantaran pihaknya ingin tidak represif dalam bertindak.

“Sanksi 3 kali teguran, sita KTP, bawa ke kantor, BAP berita acara pemeriksaan. Makanya harus selalu berorientasi pada rasa keadilan masyarakat. Kita bagikan masker, Secara persuasif, terarah tapi tegas tidak kasar dan brutal,” sambungnya. 

Selain di Jalan Penghibur, pihaknya juga melakukan razia di beberapa tempat. Seperti di panti pijat, pasar, mal, rumah makan, dan warung kopi (Warkop).(*)


BACA JUGA