Pj Wali Kota Makassar, Yusran Jusuf saat memberikan sambutan dalam Musda ke IV Kota Makassar di Hotel Aston, Minggu (21/06/2020).

Sadar Makassar Jadi Episentrum, Yusran Ajak IPHI Putus Mata Rantai Virus Covid-19

Senin, 22 Juni 2020 | 09:12 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pengurus Daerah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Makassar menggelar Musyawarah Daerah (Musda) ke IV. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Aston Makassar, Minggu (21/06/2020).

Secara resmi, Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Yusran Jusuf membuka Munas yang hanya diikuti terbatas oleh pengurus IPHI Makassar. Pihaknya pun menerapkan protokol kesehatan dengan physical distancing atau menjaga jarak.

Dalam sambutannya, Yusran mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menyambut baik dan memberikan apresiasi khusus atas terlaksananya Musda Ini. IPHI sendiri, kata dia, memberikan makna signifikan terhadap kelangsungan pembinaan keagamaan kepada masyarakat. Yang merupakan tumpuan umat dalam peningkatan kualitas iman taqwa dan pengamalan ajaran agama.

Ia mengajak seluruh anggota IPHI bersinergi bersama Pemkot Makassar mencegah dan menangani pandemi Covid-19. Mereka diminta menyampaikan imbauan dan program-program pemerintah. Sebab, pengurus IPHI kota makassar memiliki peranan penting dalam membentuk karakter masyarakat di situasi pandemi Covid-19.



“Saat ini kota Makassar berada pada posisi puncak penyebarannya, tertinggi di luar pulau jawa, namun kita tidak boleh putus asa terus berusaha menangani dan mencegah penularan ini yakni dengan menggalakkan kembali penyemprotan disinfektan di seluruh wilayah kota Makassar. Melibatkan RW, RT dan LPM, serta Inspektur Covid-19 yang terjun langsung ke masyarakat mengedukasi pentingnya protokol kesehatan,” jelasnya.

Kata Mantan Dekan Fakultas Kehutanan Unhas ini, Pemkot Makassar saat sekarang membutuhkan dukungan semua pihak. Khususnya dari lembaga atau organisasi seperti IPHI sebagai organisasi haji terbesar.

“Harapan kami pengurus IPHI dapat mensupport Pemkot Makassar ikut serta mengedukasi masyarakat memberikan pemahaman terhadap anggotanya bagaimana dampak virus ini terhadap lingkungan sosial dan bagaimana pemerintah memulihkan perekonomian serta tidak percaya pada berita atau informasi hoax yang menyesatkan,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Ketua IPHI Kota Makassar, Apiaty Amin Syam berharap dengan adanya kepengurusan yang baru IPHI ini dapat membantu Pj Wali Kota. Utamanya menjalankan program Pemkot khususnya menangani dan mencegah penyebaran Covid-19.

“Kita harap dalam penyusunan program pengurusan IPHI yang baru dapat berjalan dan bersinergi dengan Pemkot Makassar membantu programnya dalam menjalankan roda pemerintahan. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang,” terangnya.

Musda ke IV Kota Makassar dihadiri Wakil Ketua IPHI Provinsi Sulsel, Abu Bakar Wasahuwa, Sekretaris Umum IPHI Sulsel, Rappe. Serta dari Pemkot dihadiri oleh Kepala Bagian Kesra Kota Makassar, Aswis Badwi. (*)