PKK Gowa-Little Juin Serahkan 31 Kotak Aerosol untuk Tenaga Medis

Jumat, 26 Juni 2020 | 15:02 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM-Tim Penggerak Pemberdayaan  Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Gowa bekerjasama dengan Little Juin menyerahkan Aerosol Box sebanyak 31 buah untuk tenaga kesehatan di 26 Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah RSUD Syekh Yusuf, Jumat (26/6/2020).

Bantuan diserahkan oleh dr Alamsyah mewakili Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan kepada Kepala Dinas Kesehatan, dr. Hasanuddin dan Wakil Direktur RSUD Syekh Yusuf Gowa bidang pelayanan Medik, dr Magdalena Maya Khubaeni di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa.

pt-vale-indonesia

Dr. Alamsyah mengatakan bantuan ini merupakan bentuk dukungan PKK Kabupaten Gowa kepada para tenaga medis di tengah pandemi Covid-19 ini. Menurutnya Aerosol Box ini akan sangat dibutuhkan untuk melindungi para tenaga medis di Kabupaten Gowa agar tidak bersentuhan langsung dengan pasien.

Alat ini bisa digunakan oleh tenaga medis di beberapa pelayanan seperti di poli gigi, THT dan di ruang operasi. Dirinya menjelaskan saat pelayanan biasa menimbulkan  hembusan udara dari mulut pasien.

“Dengan adanya aerosol box ini tentu akan memberikan perlindungan yang lebih maksimal, tentunya alat ini akan lebih membantu petugas kesehatan,” jelasnya.

Oleh karena itu, dirinya berharap dengan adanya alat ini akan memberikan motivasi yang lebih besar lagi kepada petugas petugas kesehatan khususnya yang bersentuhan langsung dengan di lapangan.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Kabupaten Gowa, dr. Hasanuddin menyampaikan terima kasih kepada jajaran PKK yang bekerja sama dengan Little Juin memberikan alat. Dirinya menilai Aerosol Box ini akan sangat membantu bagi petugas kesehatan yang ada di Puskesmas.

“Ini sangat membantu untuk mengatasi penyebaran dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Nanti mungkin  digunakan pada pemeriksaan pasien untuk menghindari kontak langsung pada pasien,” kata dr Hasanuddin.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Direktur RSUD Syekh Yusuf Gowa Bidang Pelayanan Medik, dr Magdalena Maya Khubaeni. Dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada PKK Kabupaten Gowa atas bantuan tersebut.

“Aerosol box sebanyak ini 5 buah itu pasti sangat bermanfaat untuk kami karena ada beberapa pelayanan yang menggunakan yang mengakibatkan aerosol yakni di poli gigi, poli THT di kamar operasi itu semua  pekerjaan pelayanan yang menggunakan zat kimia yang menyebabkan aerosol,” jelasnya.

Dirinya menjelaskan aerosol box ini sangat bermanfaat untuk membantu beberapa poli untuk mengurangi penyebarluasan dari Corona yang diakibatkan oleh efek aerosol.

“Karena aerosol itu maksudnya penggunaan zat kimia yang menyebabkan udara. Itu kita takutkan mengandung virus yang bisa kena kepada petugas. Jadi aerosol box ini menghambat minimal dia menghambat udara tersebut,” tambahnya.(*)


BACA JUGA