Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin

Siap Berlaku, SK Bebas Covid-19 Bisa Dimiliki Secara Gratis

Senin, 29 Juni 2020 | 23:11 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Surat Keterangan (SK) Bebas Covid-19 akan diberlakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar. SK tersebut wajib digunakan bagi para pendatang yang hendak ke Makassar.

Berlakunya SK tersebut merupakan upaya Pemkot dalam dalam melindungi dan mengantisipasi penyebaran Covid-19 yang berasal dari luar daerah Makassar. Kota Makassar sendiri sudah menjadi episentrum penyebaran virus ini di Sulsel.

Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin mengatakan, bahwa SK tersebut nantinya bisa didapatkan secara gratis. Hal tersebut juga sekaligus menepis isu jika pihaknya mengambil untung dalam pemberlakuan kebijakan ini.



“Pembayaran tidak ada, siapa yang kasi isu lagi itu. Tetap gratis, kita tidak ada bayar bayaran di sini,” ungkapnya saat ditemui di Posko Covid-19 Makassar, Senin (29/6/2020).

Kata Rudy, kebijakan yang dikeluarkan Pemkot sebisa mungkin tidak memberatkan masyarakat. Termasuk mengenai SK Bebas Covid-19 ini. 

“Kebijakan yang kita ambil atau keputusan di mana risikonya paling kecil dan paling minim yang tidak membebani masyarakat,” jelas Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sulsel itu.

Sementara bagi pendatang yang akan masuk ke Kota Makassar diharapkan mengambil SK Bebas Covid-19 ini di tim gugus pada daerahnya masing-masing. 

“Anggaplah warga Soppeng yang akan ke Makassar, jika mau ke sini bagaimana caranya supaya dapat surat bebas Covid-19 dari tim gugusnya,” ucap Rudy.

Ia juga menambahkan, bahwa kebijakan untuk memberlakukan SK Bebas Covid-19 ini punya tujuan yang baik. Ialah semata mata untuk menyelamatkan masyarakat dan menekan penyebaran virus yang dimana kini berpusat di Kota Makassar.

“Salah satu faktornya untuk mempersempit penyebaran. Jika berhasil, maka masalah 80% Covid-19 Sulsel akan selesai. Kalau kita tidak batasi, daerah daerah yang bagus katakanlah seperti Soppeng yang sudah kuning, hijau datang ke Makassar sehat, bergaul pulang sakit,” tegasnya.(*)


BACA JUGA