Palang Merah Indonesia (PMI) Sulsel bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menggelar kegiatan Donor Darah di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Kamis (2/7/2020).

Bantu Ketersediaan Kantong Darah di Masa Pandemi Covid-19, Pemkab Gowa Gelar Donor

Kamis, 02 Juli 2020 | 14:55 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM–Palang Merah Indonesia (PMI) Sulsel bekerjasama  dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menggelar kegiatan Donor Darah di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Kamis (2/7/2020).

Ditemui usai donor darah, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, H. Muchlis mengatakan kegiatan ini sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Gowa untuk membantu kesediaan kantong darah di Sulawesi Selatan.

Dirinya menyebutkan akhir-akhir ini khususnya masa Pandemi Virus Corona atau Covid-19, PMI Sulsel mengalami kekurangan stok kantong daerah.



“Kegiatan donor darah seperti ini dari berbagai instansi dan organisasi masyarakat itu selama masa pandemi Covid-19 ini memang relatif terbatas sehingga persediaan darah memang kurang,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Muchlis donor darah ini merupakan kegiatan rutin Pemkab Gowa 3 bulan sekali. Kegiatan donor darah ini melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN), 1qseluruh organisasi masyarakat termasuk dan instansi lingkup kabupaten Gowa, kepolisian dan  Kodim. 



“Setiap 3 bulan itu kita selalu lakukan secara rutin makanya kita kembali rutinkan ini. Mudah-mudahan mulai hari ini kita bisa lanjut terus,” jelasnya.

Dirinya menambahkan selain bisa membantu orang lain. Kegiatan donor darah yang dilakukan secara rutin ini juga baik untuk menjaga sirkulasi darah dalam tubuh.

“Setelah donor darah ini sirkulasi darah semakin baik. Karena tubuh diatur sedemikian rupa untuk bisa membangkitkan kembali darah yang habis didonorkan itu sehingga proses di dalam tubuh itu lebih enak terasa,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa, Syamsuddin Bidol mengatakan pihaknya menargetkan minimal 100 kantong darah dari kegiatan Donor Darah ini.

“Ini kita lakukan terbuka untuk umum dan mudah-mudahan seperti biasa kita target 100 kantong darah dari Pemerintah Daerah,” tambahnya.(*)


BACA JUGA