Petugas PD Pasar Makassar Raya saat melakukan pengecekan suhu tubuh.

Fokus Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19, PD Pasar Makassar Lakukan Ini

Minggu, 12 Juli 2020 | 14:36 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM  – Pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19 yang dilakukan PD Pasar Makassar bukan isapan jempol semata. Hal tersebut dibuktikan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat di seluruh pasar tradisional di Kota Makassar.

Direktur Utama (Dirut) PD Pasar Makassar Raya, Basdir mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan penyemprotan disinfektan. Seluruh pasar pun disemprot dengan cairan ini.

“Penyemprotan disinfektan secara massal sudah tiga kali dilakukan di semua pasar yang ada,” ujar Basdir, Sabtu (11/07/2020).

Selain itu, lanjut Basdir, disediakan tempat mencuci tangan yang higienis. Setiap pasar diberikan dua sampai lima unit. Aturan memakai masker pun wajib dijalankan oleh seluruh pedagang dan pembeli. Serta keharusan menjaga jarak fisik.



“Kami masih memfokuskan pada protokol yang sudah ditetapkan seperti mencuci tangan dengan sabun karena sudah kami sediakan juga sarana cuci tangannya. Kemudian jaga jarak fisik dan memakai masker. Kami juga siapkan tim untuk mengukur suhu tubuh para pengunjung pasar dan pedagang,” jelas Basdir.

Basdir juga menambahkan, surat edaran tentang kepatuhan protokol kesehatan juga telah dilakukan. Salah satunya, para pedagang dan pembeli wajib menggunakan masker.

“Bahkan kami di PD Pasar setiap hari memberi imbauan menggunakan masker. Imbauan menggunakan masker ini sudah kami lakukan sejak Maret lalu sampai sekarang,” tegasnya.

Protokol kesehatan lainnya yang dilakukan dengan memasang spanduk setiap pintu masuk pasar. Bahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan aparat keamanan dalam pengawasan protokol kesehatan di pasar.

“Termasuk mengatur jalur masuk dan keluar para pembeli. Kemudian pemasangan tirai plastik untuk membatasi pembeli dan penjual di beberapa pasar. Serta berkolaborasi dengan pihak TNI dan Polri,” ungkap Basdir. (*)


BACA JUGA