Pete-pete menggunakan QRIS

Bayar Pete-Pete Kini Bisa dengan QRIS

Sabtu, 18 Juli 2020 | 09:10 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) mengupayakan QRIS untuk diimplementasikan pada transportasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di Kota Makassar yaitu, angkutan kota yang kerap disebut “pete-pete”.

“Dengan kembalinya aktivitas masyarakat, kebutuhan QRIS di sektor transportasi menjadi sangat penting,” ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulawesi Selatan, Bambang Kusmiarso, melalui keterangan tertulisnya.

Pembayaran menggunakan QRIS di angkutan kota (angkot) Makassar merupakan yang pertama di Indonesia.

“Strategi pembayaran digital ini diharapkan juga mendukung kebijakan Pemerintah di era new normal sebagai new lifestyle masyarakat yang mengacu pada protokol safety, cleanliness dan healthy (SHC),” jelasnya.



Melalui implementasi QRIS, transaksi non tunai menjadi cepat, mudah, murah, aman dan handal atau yang dikenal dengan tagline “cemumuah”.

Hingga Juni 2020, jumlah merchant yang telah mendaftarkan diri untuk menggunakan QRIS di Sulawesi Selatan mencapai 92.009 atau tumbuh sebesar 173% (ytd) sejak Desember 2019.

Tingkat pertumbuhan di Sulsel tersebut berada di atas pertumbuhan nasional (127,1%; ytd) dan juga menempati posisi ke-8 sebagai salah satu daerah dengan tingkat pertumbuhan tertinggi diantara wilayah kerja Bank Indonesia.(*)


BACA JUGA