Proses pencocokan Coklit oleh PPKD di Kecamatan Tombolopao yang di awasi oleh Bawaslu Gowa.

Tak Ingin Kecolongan, Bawaslu Gowa Awasi Coklit Secara Ketat

Selasa, 21 Juli 2020 | 23:46 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Sandi Darmawan - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM  – Pimpinan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gowa melakukan monitoring ke Kantor Sekretariat Pengawas Kecamatan (Panwascam) Tombolopao, Tinggimoncong dan Parigi pada, Selasa, (21/07/2020).

Monitoring dilakukan dalam rangka penguatan Panitia Pengawasan Kelurahan dan Desa (PPKD) dalam melakukan pengawasan Pengcocokan dan penelitian (Coklit).

Komisioner Bawaslu Kabupaten Gowa, Kordiv. Pengawasan dan Hubla, Juanto, berpesan kepada PPKD untuk menjalin koordinasi dengan baik kepada PPS dan PPDP dalam melakukan pengawasan Coklit untuk mengawal data pemilih, memastikan hak konstitusi warga secara akurat.

“PPKD harus menjalin hubungan yang baik dengan PPS dan PPDP sehingga bisa terjalin koordinasi, kerjasama ini semua demi data pemilih dan hak konstitusi warga yang akurat,” ujarnya di dalam forum.



Komisioner Kordiv Hukum, Humas dan Datin, Saparuddin  
membahas lebih teknis hukum yang mengatur pengawasan Coklit.

“Perbawaslu 9 Tahun 2019 Pasal 5 jelas diatur bahwa pengawas kecamatan (Panwascam) dan Petugas Pengawas Kelurahan dan Desa (PPKD) melakukan pencocokan data dan penelitian data Pemilih, jadi kita mesti betul- betul mengawasi jalannya ini Coklit,” Tegasnya. 

Dalam kunjungan ini turut hadir Bawaslu Provinsi Sulsel Saiful Jihad dan Ketua Bawaslu Gowa Samsuar Saleh.(*)


BACA JUGA