Rektor UNM, Prof Husain Syam saat menjadi pembicara dalam Webinar “Membangun Digital Enterpreneurship di Era New Normal” yang diselenggarakan Bank Mandiri, Rabu (22/7/2020)

Tak Hanya Sebagai Guru, Rektor UNM Dorong 10 Persen Mahasiswa Jadi Pengusaha

Rabu, 22 Juli 2020 | 17:44 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Husain Syam memiliki impian. Ia ingin mendorong 10 persen dari total 35.000 mahasiswa yang ada saat ini untuk menjadi entrepreneur atau pengusaha. 

Impian tersebut dikemukakan oleh Husain Syam dalam Webinar “Membangun Digital Enterpreneurship di Era New Normal”. Kegiatan tersebut diselenggarakan Bank Mandiri, Rabu (22/7/2020).

“Di UNM, jumlah mahasiswanya 35.000 lebih dan saya punya mimpi untuk membangun jiwa enterpreneur kepada mahasiswa. Mendorong lima sampai sepuluh persen mahasiswa untuk menjadi enterpreneur,” katanya.

Guru Besar Teknologi Pertanian itu menyebut impiannya menjadikan kampus pencetak guru sebagai kampus enterpreneur untuk membantu pemerintah. Dimana dalam mencukupi rasio jumlah wirausahawan.



Sebab, saat ini jumlah wirausaha di Indonesia baru 3,5 persen lebih. Sementara untuk negara maju di atas 4 persen.

“Meski lulusan masih didominasi sarjana pendidikan namun dengan ditanamkannya jiwa enterpreneur. Sehingga nanti dimasa mendatang dengan jiwa tersebut bisa melahirkan inovasi sehingga bisa lebih efektif,” jelasnya.

Husain menyebut, jiwa enterpreneur itu tidak hanya melakukan konsumsi saja. Akan tetapi melahirkan inovasi yang bisa dinikmati banyak orang. Dengan memilih jiwa enterpreneur maka bisa menjadi pewarna dalam kehidupan karena selalu berkreasi.

“Seluruh mahasiswa dari jenjang diploma tiga hingga program doktoral diajarkan tentang jiwa kewirausahaan,” jelas Kepala Bagian (Kabag) Humas UNM, Burhanuddin.(*)

Tags:

BACA JUGA