Webinar dalam rangka mengoptimalkan pendisiplinan protokol kesehatan guna mewujudkan masyarakat produksi dan aman Covid-19 di Peace Room A'Kio Kantor Bupati Gowa, Kamis (23/7/2020).

Optimalkan Penerapan Protokol Kesehatan, Pemkab Gowa Akan Libatkan Semua Elemen Masyarakat

Kamis, 23 Juli 2020 | 18:05 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM–Dalam upaya mengoptimalkan disiplin menerapkan protokol kesehatan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa akan melibatkan semua elemen masyarakat untuk ikut berpartisipasi.

Hal ini disampaikan oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, H. Muchlis saat mengikuti Webinar dalam rangka mengoptimalkan pendisiplinan protokol kesehatan guna mewujudkan masyarakat produksi dan aman Covid-19 di Peace Room A’Kio Kantor Bupati Gowa, Kamis (23/7/2020).

pt-vale-indonesia

Muchlis menjelaskan dalam upaya mendisiplinkan penerapan protokol kesehatan, Pemkab Gowa memanfaatkan jejaring seperti tokoh agama, masyarakat dan tokoh pemuda untuk bisa memberikan edukasi terus-menerus kepada masyarakat.

Selain itu, lanjut Muchlis saat ini Pemerintah Kabupaten Gowa bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa sementara menggodok Peraturan Daerah (Perda) Wajib Masker dan Penerapan Protokol Kesehatan.

Dalam Perda tersebut akan melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk ikut melakukan pengawasan dan mengingatkan masyarakat agar Penerapan Protokol Kesehatan terutama penggunaan masker bisa diterapkan secara disiplin.

“Kita sepakati untuk siapapun yang ada di dekat orang yang melanggar itu untuk mengingatkan, tetapi dengan asumsi dia juga sudah menerapkan. Kalau memberikan sanksi, itu dia harus menghubungi orang yang punya kewenangan untuk memberi sanksi terhadap pelanggaran tidak memakai masker,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Dandim 1409 Gowa, Letkol Arh. Muhammad Suaib berharap semua elemen masyarakat bisa ikut berpartisipasi dalam upaya meningkatkan kedisiplinan masyarakat menerapkan protokol kesehatan.

“Kami melihat tidak cukup dengan paran keamanan saja. Kita lihat setiap hari aparat turun untuk mengingatkan dan mengedukasi masyarakat. Sehingga kami melibatkan para tokoh karena kekuatan kita terbatas dan tidak sebanding dengan jumlah masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Pangdam XIV Hasanuddin Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Andi Sumangerukka dalam arahannya berharap agar upaya percepatan penanganan Covid-19 terus dilakukan. Terutama dalam upaya megedukasi masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Kita tidak boleh kalah, apapun yang kita lakukan itu, harus dan perlu ada kekompakan sehingga apa yang menjadi aturan bisa dijalankan dengan baik,” tandasnya.

Turut hadir dalam Webinar Ini, Wakapolres Gowa, Kompol Muh Fajri Mustafa, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gowa, KH Abubakar Paka, Ketua Nahdatul Ulama (NU) Kabupaten Gowa, H. Jabbar Hijaz, Ketua KNPI Kabupaten Gowa, Usman Ba’du dan Kepala Pasar Minasa Maupa, Zainuddin.(*)


BACA JUGA