Ketua Umum PMI Jusuf Kalla alias JK turun langsung meninjau pelaksanaan acara donor darah massal TNI-Polri di Markas Kodim 1408/BS Makassar, Jumat (24/7/2020)

Potret Kedekatan Deng Ical dan JK saat Donor Darah Massal TNI-Polri di Makassar

Jumat, 24 Juli 2020 | 22:39 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Ketua Umum PMI Jusuf Kalla alias JK turun langsung meninjau pelaksanaan acara donor darah massal TNI-Polri di Markas Kodim 1408/BS Makassar, Jumat (24/7/2020). Mantan Wakil Presiden RI itu tampak didampingi oleh Ketua PMI Kota Makassar Syamsu Rizal alias Deng Ical.

Kedekatan Deng Ical dengan JK terlihat sepanjang kegiatan. Kader tulen Muhammadiyah itu setia berada di sisi JK sembari menjawab setiap pertanyaan sosok tokoh perdamaian dan kemanusiaan itu. Dalam berbagai kesempatan, Deng Ical mengakui JK adalah sosok inspiratif yang diidolakannya.

Yang menarik, peninjauan yang dilakukan JK dalam kegiatan donor darah massal TNI-Polri ini terbilang mendadak. Mulanya, JK pada Jumat pagi mencari Deng Ical lewat orang dekatnya bernama Yadi lantaran hendak mengunjungi RS Islam Faisal. Ketua Dewan Masjid Indonesia itu ingin Deng Ical menemaninya mendatangi rumah sakit tersebut.

Saat itu, Deng Ical melapor ada kegiatan donor darah massal TNI-Polri. Laporan Deng Ical diteruskan Yadi ke JK yang langsung mengajaknya untuk pergi ke acara donor darah massal tersebut. “Tadi pagi Pak JK lewat Yadi mencari saya dan saya laporkan agenda kegiatan donor darah massal ini. Setelah tahu, respons Pak JK langsung ngajak, ayo ke acara donor darah saja,” ucap Deng Ical.



Di mata Deng Ical, JK merupakan sosok teladan sekaligus orang tua yang sangat bijak dan sangat peduli sesama. Olehnya itu, setiap keputusan besar dalam hidupnya tidak jarang dikonsultasikannya kepada sosok JK. Termasuk saat memutuskan maju di Pilwalkot Makassar, ia sudah mappatabe alias meminta restu kepada JK yang memintanya bekerja keras.

“Pak JK itu sosok inspiratif dan teladan bagi kita semua, saya sangat mengidolakan beliau. Karena terinspirasi beliau, makanya saya tertarik terjun pada kegiatan-kegiatan sosial kemanusiaan,” ucap mantan Wakil Wali Kota Makassar itu.

Dalam acara donor darah massal tadi, Deng Ical sendiri melaporkan kepada JK bahwa pihaknya menargetkan bisa mengumpulkan 350 kantong darah. Ia juga menyampaikan partisipasi TNI-Polri sangat besar dalam memenuhi kebutuhan stok darah di PMI Kota Makassar yang semakin menipis.

Adapun JK dalam kegiatan itu mengaku PMI sangat terbantu dengan kehadiran TNI dan Polri jika terjadi bencana. Pasalnya, TNI dan Polri ada hingga di pelosok-pelosok daerah. Selama ini pun PMI, TNI dan Polri dapat berjalan sinergi dan hal tersebut diharapkan dapat terus terjalin.

“‎Dalam hal bencana, kami sangat berterimakasih dengan adanya operasi militer selain perang, sehingga PMI ,TNI dan Polri bisa bersama-sama,” tandasnya.(*)