Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin saat bertemu dengan Kepala Kantor Konsuler Jepang di Makassar, Miyakawa Katsutoshi di Balai Kota Makassar, Senin (27/7/2020)

Bersama Pemkot, Jepang Siap Bantu Makassar di Tiga Bidang Ini

Senin, 27 Juli 2020 | 23:10 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pemerintah Jepang akan membantu Kota Makassar dalam meningkatkan infrastruktur layanan bidang Kesehatan, keamanan dan transportasi.

Hal ini terungkap saat berlangsung pertemuan Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin dengan Kepala Kantor Konsuler Jepang di Makassar, Miyakawa Katsutoshi di Balai Kota Makassar, Senin (27/7/2020).

Dalam pertemuan tersebut, keduanya membicarakan sejumlah sektor yang paling prioritas. Dimana untuk dikerjasamakan dalam meningkatkan pelayanan kebutuhan masyarakat.

Terkhusus dalam pengembangan sistem yang lebih cerdas. Sehingga warga kota Makassar lebih mudah mengakses setiap layanan publik yang disiapkan.



“Hari ini kita bertemu dengan Pak Miyakawa dan membicarakan sejumlah hal terkait kondisi layanan publik di Makassar. Dari sejumlah item pengembangan Smart City yang sudah berjalan, kita akan fokuskan pada tiga sektor, yakni kesehatan, keamanan dan juga transportasi cerdas,” kata Rudy dalam pertemuan tersebut.

“Insha Allah, semoga saja ini menjadi solusi cerdas untuk menjawab kebutuhan layanan publik di Kota Makassar,” lanjutnya.

Untuk diketahui, 27 Februari 2020 yang lalu telah diadakan Konferensi Smart City di Makassar oleh Japan Association Smart Cities in ASEAN (JASCA). Konferensi tersebut dihadiri sekitar 50 orang perwakilan dari sekitar 20 perusahaan asal Jepang. Sebagai tindak lanjut dari kegiatan tersebut, baru-baru ini diadakan konferensi lanjutan via daring yang di ikuti langsung oleh Rudy bersama sejumlah stakholder Jepang.

“Hari ini saya sengaja datang menemui Pak Walikota Makassar sebagai tindak lanjut dari pertemuan virtual beberapa waktu lalu. Beliau memberikan banyak penjelasan tentang sistem monitoring serta melihat langsung fasilitas-fasilitas yang sudah tersedia. Tujuan kunjungan ini untuk menjajaki salah satu kemungkinan kerjasama dengan pihak perusahaan Jepang,” ujar Miyakawa Katsutoshi.

Dikatakan bahwa hasil kunjungan ini akan disampaikan ke pihak JASCA. Dan diharapkan dapat dibahas lebih lanjut  untuk lebih memperkuat kerjasama yang akan dilakukan. 

“Semoga kerjasama Jepang dan Makassar di bidang Smart City bisa terlaksana dengan baik dan bisa menjadi contoh bagi kota-kota lain di ASEAN kedepannya,” lanjutnya.(*)