Ilustrasi jaringan internet/INT

Kekuatan Jaringan Internet di Kepulauan Sangkarrang Masih Lemah

Rabu, 29 Juli 2020 | 21:04 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Kepulauan Sangkarrang sebagai salah kecamatan di Kota Makassar rupanya masih serba kekurangan. Termasuk cakupan jaringan internet. 

Hal tersebut terungkap usai adanya keluhan warga dari Pulau Kodingareng, Kecamatan Sangkarrang. Dimana ia mengeluhkan soal jaringan yang tidak bagus. Bahkan, sinyalnya kerap hilang.

“Kalau pakai Three disini, jelek. Anak saya mau belajar online kodong, tapi lambat sekali internetnya biasa,” keluh salah satu warga yang enggan disebut namanya.

Dikonfirmasi, Kabid Aplikasi dan Telematika Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Makassar, Denny Hidayat tak menampik perihal lemahnya jaringan di Kepulauan Sangkarrang. Ia menyebut bahwa hanya ada satu provider yang kuat menjangkau sampai ke kecamatan tersebut.



“Iya harusnya Telkomsel, kita pakai Telkomsel di sana,” kata Denny saat dihubungi, Rabu (29/7/2020).

Selain provider Telkomsel, ia mengaku jika gangguan jaringan beberapa provider memang kerap terjadi. Sebab, jangkauannya belum mencakup seluruhnya pulau yang ada di Sangkarrang.

Meski begitu, ia meminta warga Kepulauan Sangkarrang untuk memakai provider Telkomsel sebagai produk dari BUMN. Alasannya, karena jaringan ke seluruh pulau sudah terjangkau.

“Kalau provider lain tidak masuk, silahkan pakai provider dalam negeri,” ujarnya. 

Provider Telkomsel sendiri, kata dia, telah menyiapkan sejumlah paket internet murah. Terkhusus bagi siswa yang hendak belajar daring. Ini merupakan kerjasama antara Telkomsel bersama Diskominfo Makassar dalam menyediakan paket internet yang ramah di kantong. 

“Ada paket data untuk pelajar jadi itu setiap 1 GB-nya itu hanya Rp4.000 saja,” katanya.(*)


BACA JUGA