Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bantaeng, Kamis (30/7/2020)
#

Mentan SYL Harap Petani di Bantaeng Bisa Berinovasi Hadirkan Pupuk Organik Ramah Lingkungan

Kamis, 30 Juli 2020 | 20:22 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Khaerul Fadli - Gosulsel.com

BANTAENG, GOSULSEL.COM — Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bantaeng, Kamis (30/7/2020). Kunjungan kerja Menteri Pertanian ini dikemas dalam kegiatan panen bawang di Desa Bonto Lojong, Kecamatan Ulu Ere.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Pertanian juga sempat menyinggung kebutuhan pupuk di Bantaeng. Dia mengatakan, pupuk bukanlah segalanya di pertanian. Dia berharap, petani bisa melakukan inovasi untuk memunculkan pupuk organik yang ramah lingkungan. 

pt-vale-indonesia

“Pupuk bukan segalanya di pertanian. Kita harapkan, petani bisa belajar dan melakukan inovasi serta paham dengan kemampuannya sendiri, sehingga mencari alternatif organik yang lebih ramah lingkungan,” jelas Mentan SYL.

Meski demikian, dia berharap semua Dirjen yang ikut dalam kunjungan itu bisa mengatasi masalah yang dialami petani di Bantaeng. “Saya sudah bawa semua Dirjen ini. Jadi semua masalah harus bisa ditangani,” ungkapnya. 

Dalam kesempatan itu, Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin mengatakan, sejak 2018, Pemkab Bantaeng telah memperkuat sektor pertanian. Dia mengatakan, kebijakan pemerintah telah memberikan bantuan premi asuransi pertanian dan peternakan. 

“Kami terus mendukung program Kementerian Pertanian. Asuransi pertanian yang dibantu oleh Kementan sebesar 80 persen, kami bantu petani kita dengan bantuan premi 20 persen, sehingga petani Bantaeng terlindungi 100 persen tanpa membayar premi,” paparnya.(*)


BACA JUGA