Pj Wali Kota Makassar saat melaksanakan salat Idul Adha 1441 H di Mushalla Baruga Anging Mammiri Rujab Wali Kota Makassar, Jumat (31/7/2020)

Bersama Staf, Rudy dan Istri Gelar Salat Idul Adha di Rujab Wali Kota Makassar

Sabtu, 01 Agustus 2020 | 00:34 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Perayaan Idul Adha 1441 Hijriah diperingati warga kota Makassar dengan suka cita. Warga berbondong bondong melaksanakan salat di masjid maupun musala di lingkungan sekitar tempat tinggalnya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin bersama keluarga serta staf rumah tangga memilih melaksanakan Idul Adha di Rujab Wali Kota Makassar. Tepatnya di Musala Baruga Angin Mamiri dengan mengikuti protokol kesehatan yakni menjaga jarak, Jumat (31/7/2020).

Menurutnya, pelaksanaan salat Idul Qurban bersama keluarga dan staf di Rujab adalah pilihan yang sangat tepat dan aman. Apalagi di masa pandemi Covid-19 sekarang ini.

“Kami memilih melaksanakan salat Idul Adha di rumah karena ini adalah salah satu cara terbaik untuk terhindar dari penyebaran Covid-19 baik untuk kita maupun orang lain,” ucapnya.



Meski begitu, Rudy tetap memberikan ruang bagi warga Makassar yang ingin melaksanakan salat Idul Adha di luar rumah. Seperti di masjid maupun di musala.

“Silahkan bagi warga yang ingin melaksanakan salat di masjid maupun di musala tempat tinggalnya, asalkan wajib menjalankan protokol kesehatan. Kita sudah imbau kepada seluruh masjid melalui bagian kesra untuk menjalankan protokol kesehatan saat menggelar salat Idul Adha,” katanya.

Lebih jauh, ia juga menjelaskan bagi warga yang melaksanakan salat di masjid harus sehat juga membawa sendiri alat perlengkapan salatnya, seperti sajadah. Begitupun ketika salat dan mendengarkan khutbah tetap saling jaga jarak.

Tidak lupa dalam kesempatan Idul Adha ini, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sulsel ini mengucapkan selamat Idul Adha. Ini kepada seluruh warga kota Makassar.

Adapun yang tampil sebagai Imam adalah Alif Dzulzalali A.M. Sedangkan Khatib dibawakan oleh Arsyad Ambo Tuwo.

Dalam ceramahnya, Arsyad menyampaikan perlunya mencontoh keteladanan Nabi Ibrahim As bersama anaknya Ismail. Dengan mengikuti perintah Allah dengan penuh kesabaran dan tawakkal.

“Hal ini bisa menjadi contoh bagi kita semua di saat pandemi Covid-19 kita harus meneladani apa yang  dilakukan Nabi Ibrahim bersabar dan berikhtiar kepada Pencipta Allah SWT sambil terus berdoa meminta kepadanya agar pandemi ini cepat berlalu,” terangnya.(*)


BACA JUGA