Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin saat menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Covid-19 yang di gelar di Lapangan Karebosi Makassar, Jumat (7/8/2020)

Kodam XIV Hasanuddin Edukasi Warga Soal Bahaya Covid-19, Rudy Beri Apresiasi

Sabtu, 08 Agustus 2020 | 09:35 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Indonesia khususnya Kota Makassar memiliki angka penyebaran virus Covid-19 yang masih cukup tinggi. Olehnya, berdasarkan instruksi Presiden RI Joko Widodo dalam Inpres Nomor 6 Tahun 2020.

Ini tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19. Kodam XIV Hasanuddin pun kembali menurunkan pasukannya membantu Pemkot Makassar.

pt-vale-indonesia

Berdasarkan informasi dari Apel Gelar Pasukan Operasi Covid-19 yang di gelar di Lapangan Karebosi Makassar, Jumat (7/8/2020) di ketahui sebanyak 6.000 personil diturunkan. Dimana untuk membagikan masker juga mengedukasi warga terkait virus ini.

Pangdam XIV Hasanuddin, Mayor Jenderal Andi Sumangerukka mengatakan apel ini merupakan upaya untuk menerapkan kedisiplinan. Ini terkait Covid-19 di wilayah Kodam XIV Hasanuddin.

“Makin hari rasanya grafik bergerak ke atas. Ini kecemasan bersama. Harus kita bergerak bersama. Olehnya itu kini kami tambahkan 3.500 personil yang sebelumnya hanya 1.000 pasukan saja. Jadi total sekarang ada sekitar 6.000 petugas di wilayah Kodam Hasanuddin,” ujarnya.

Ia pun menambahkan jika kondisi masyarakat di Makassar sebagian masih bebal aturan dan tidak mengikuti protokol kesehatan. Untuk itu, pihaknya akan menyasar warga yang melanggar.

“Sudah banyak yang terpapar tapi masih ada juga yang tidak pakai masker. Ini yang harus selalu kita edukasi. Apalagi Perwali Nomor 36 Tahun 2020 sudah ada, jadi semua masyarakat wajib menggunakan masker. Kami pun akan turun untuk bagikan masker,” pungkasnya.

Sementara itu, di tempat yang sama Penjabat (Pj) Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin mengapresiasi langkah Kodam XIV Hasanuddin. Sebab, telah bersinergi dengan Pemkot Makassar dalam penanganan Covid-19.

“Pemerintah membutuhkan dukungan semua pihak. Keterlibatan TNI dan Polri dalam bersama memerangi Covid-19 ini tentu langkah yang sangat efektif mengembalikan situasi kembali kondusif. Bersatu melawa Covid-19 dengan edukasi dan pengawasan,” tuturnya.

Jika masyarakat sudah mampu menjadikan aturan kesehatan ini sebagai rutinitas. Maka Makassar tentu selanjutnya akan bersiap menuju New Normal.(*)


BACA JUGA