Ikan hias/IST

Hobi Pelihara Ikan Hias, Perhatikan Hal Ini Ketika Merawatnya

Rabu, 12 Agustus 2020 | 21:49 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Hobi memelihara ikan hias kini mulai digandrungi oleh warga Makassar. Pasalnya, hobi ini disebut mampu mengurangi stres. 

Apalagi, saat berada di rumah karena adanya pandemi Covid-19, warga merasa suntuk. Olehnya, memelihara ikan menjadi salah satu cara menghilangkan rasa bosan ketika terus tinggal di rumah.

Meski begitu, ada hal yang perlu diperhatikan dalam memelihara ikan hias di rumah dengan menggunakan akuarium sebagai mediumnya. Ini agar ikan yang dipelihara bisa panjang umur.

Salah satu pedagang ikan hias, Mansyur menjelaskan, ikan yang ditempatkan di akuarium tidak perlu memiliki volume air yang banyak. Tujuannya, agar air bisa diganti dengan mudah jika sudah terlihat keruh.



“Setengahnya saja. Tapi kalau memang banyak ikannya kasih sesuaikan saja,” katanya, Rabu (12/8/2020). 

Sementara itu, mengganti air di akuarium perlu dilakukan sekali seminggu. Jangan sampai, apabila air sudah keruh namun tidak mengganti air. Ini justru membuat ikan hias memiliki umur yang singkat.

Pedagang lainnya yakni Djalil mengatakan, bahwa pemberian makanan menjadi faktor penting agar ikan hias selalu tetap sehat. Pakan yang diberikan mesti tepat.

Kemudian dalam sehari, minimal hanya satu kali saja diberi makanan. Atau dua kali agar ikan tidak kekenyangan. 

“Satu kali saja jangan banyak-banyak,” tutupnya.(*)