Anggota Polsek Tinggimoncong memeriksa pendaki di pintu masuk area Lembanna, Sabtu, 15 Agustus 2020. Pendaki yang didapat tidak mengenakan masker tidak diperkenankan masuk.

Polisi Jaga Ketat Pintu Masuk Lembanna Gunung Bawakaraeng, Pendaki Wajib Ikuti Prokes

Sabtu, 15 Agustus 2020 | 22:25 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Rusli - GoCakrawala

GOWA, GOSULSEL.COM— Gunung Bawakaraeng, Kecamatan Tinggimoncong, Gowa menjadi salah satu obyek utama pendaki jelang peringatan HUT Kemerdekaan RI setiap tahun.

Biasanya pendaki berlomba-lomba menuju puncak Gunung Bawakaraeng untuk memperingati HUT Kemerdekaan Bangsa Indonesia. Termasuk tahun ini. 

Untuk mengantisipasi munculnya klaster Korona di kalangan pencinta alam, aparat kepolisian pun telah siap siaga di pintu masuk Lembanna. 

Mereka akan mengawasi setiap pendaki yang hendak menuju Lembanna dan Puncak Gunung Bawakaraeng. Setiap pendaki diwajibkan mengikuti protokol kesehatan (Prokes). Salah satunya wajib menggunakan masker. 



“Covid-19 masih terus diwaspadai. Makanya, kita perketat pintu masuk Lembanna. Semua pendaki yang hendak camping di Lembanna dan puncak Gunung Bawakaraeng untuk memperingati HUT Republik Indonesia ke-75  wajib mengikuti protokol kesehatan,” ujar Kapolsek Tinggimoncong, Iptu Hasan Fadhyl, Sabtu (15/8/2020)

Eks Kapolsek Bajeng itu mengatakan, telah menempatkan personil Polsek Tinggimoncong di pintu masuk Lembanna. Mereka diback up oleh anggota TNI dari Koramil Tinggimoncong.

Fadhyl menegaskan, bagi pendaki ataupun masyarakat yang hendak melakukan kegiatan camping tanpa masker, maka disuruh balik arah saja.

“Tanpa terkecuali. Tanpa masker kami akan suruh pulang,” tegas Hasan.

Disamping mewajibkan menggunakan masker, lanjut Hasan, pendaki juga diimbau menghindari kontak fisik dengan kelompok lain, jaga jarak, serta cuci tangan pakai sabun hingga bersih.

“Prokes ini semata-mata demi keselamatan kita semua. Agar kita terhindar dari penyebaran virus Covid-19,” pungkasnya. (*)


BACA JUGA