Anggota DPRD Kota Makassar, Nurul Hidayat (jilbab abu-abu) saat menggelar sosialisasi Perda ASI Ekslusif di Hotel Grand Cellino, Minggu (16/08/2020).

Sosialisasi Perda, Legislator Nurul Hidayat Jelaskan Pentingnya ASI Ekslusif Buat Bayi

Minggu, 16 Agustus 2020 | 20:45 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Anggota DPRD Kota Makassar, Nurul Hidayat menggelar sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2016. Dimana aturan ini membahas terkait pemberian Air Susu Ibu (ASI) eksklusif.

Kegiatan ini dihelat di Hotel Grand Celino, Minggu (16/08/2020). Adapun  pesertanya mayoritas berasal dari kalangan ibu-ibu.

Tak sedikit juga sejumlah bapak-bapak dan anak muda turut jadi peserta. Dimana mereka akan menjadi orang tua di masa depan.

Dosen Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unhas, Inriati Lewa didapuk sebagai narasumber dalam kegiatan ini. Ia pun menjelaskan bahwa pemberian ASI sangatlah penting bagi tumbuh kembang anak. 



Sebab, ASI eksklusif merupakan kewajiban bagi ibu. Kemudian menjadi hak bagi anak bayi usia nol hingga 6 bulan.

“Pemberian ASI sangat penting karena berdampak pada pertumbuhan dan kehidupan anak,” bebernya.

Selain Inriati, Kabid Advokasi Pengarahan dan Informasi BKKBN Sulawesi Selatan (Sulsel), Amirullah Hamzah juga menjadi narasumber dalam sosialisasi Perda kali ini. Ia menjelaskan bahwa setidaknya ada 3 manfaat pemberian ASI bagi anak.

“Pertama; untuk pertumbuhan, kedua; untuk lambung, ketiga; sangat bermanfaat untuk kecerdasan anak. Dengan ASI juga menambah erat kasih sayang ibu dan anak,” ujar Amirullah.

Anggota DPRD Kota Makassar, Nurul Hidayat berharap dengan adanya kegiatan ini mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat. Khususnya kepada ibu untuk memberikan ASI eksklusif setidaknya untuk 6 bulan pertama pasca melahirkan.

“Kita berharap melalui kegiatan ini mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat yang memiliki anak usia 0 hingga 6 bulan,” ujar Legislator Fraksi Partai Golkar ini. (*)


BACA JUGA