Pertamina

Pertamina Siap Beri Modal Usaha Bagi 200 UMKM di Sulsel

Senin, 17 Agustus 2020 | 18:57 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Di Sulawesi Selatan (Sulsel), Pertamina terus mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) agar tumbuh berkembang. Bantuan berupa modal usaha kini siap diberikan.

Dengan total dana sebanyak Rp3,7 miliar, Pertamina akan memberikan modal usaha ini ke 200 UMKM yang terpilih melalui proses penjaringan. Bekerjasama dengan Dekranasda Sulsel, kedua pihak akan memilih UMKM yang berhak menerima pinjaman tersebut.

Hal tersebut disampaikan oleh Unit Manager Communication & CSR MOR VII, Laode Syarifuddin Mursali. Ia menyebut, bahwa untuk tahap pertama, pihaknya akan menjaring 70 UMKM.

“Kita bertahap jadi tahap ini sementara kita baru menjaring 70 UMKM, target nya ke depan itu Insha Allah bisa sebanyak 200 UMKM. Kita kerjasama dengan  Dekranasda menjaring yang layak diberikan bantuan pinjaman modal,” jelasnya, Sabtu (15/8/2020).



Dijelaskan Laode, UMKM yang mendapat bantuan nantinya juga diberikan kemudahan dalam pelunasan pinjaman. Dimana masa tenor yang diberikan ialah selama tiga tahun.  

Jasa administrasi yang diterimanya sendiri sebesar 3 persen tiap tahunnya. Namun, uangnya akan dialihkan lagi untuk pengembangan program kemitraan Pertamina.

“Kita bekerjasama dengan Dekranasda dalam artian, tiga persen per tahun itu kita akan berikan kepada mitra untuk program yang lain. Misalnya mengikuti pameran, pameran itu kita biayai bentuk juga dengan bentuk pelatihan,” sambungnya.

Selama ini, kata dia, Pertamina terus menunjukkan dukungannya kepada para pelaku UMKM. Hadirnya program kemitraan, kini sudah ada banyak UMKM yang telah dibina oleh pihaknya. Agar bisa terus mengembangkan usahanya.

“Banyak, karena program kemitraan ini Pertamina sudah berjalan sudah lama lah. Ini program CSR dan perusahaan wajib melakukan itu, Pertamina itu sudah lama menjalankan,” tutupnya.(*)


BACA JUGA