Dosen Universitas Bosowa (Unibos) melakukan pengabdian kepada masyarakat di Desa Lagaruda Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar

Dosen Unibos Gelar Sosialisasi PPDM dan Edukasi Covid-19 di Pesisir Desa Lagaruda

Selasa, 18 Agustus 2020 | 11:01 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

TAKALAR, GOSULSEL.COM — Pengabdian masyarakat kini kembali dilakukan para Dosen Universitas Bosowa (Unibos). Kali ini salah satunya dilakukan oleh Jufriadi (Dosen Fakultas Teknik) Unibos dengan menggelar sosialisasi dan edukasi tentang Covid-19 bagi masyarakat pesisir sebagai kegiatan Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM).

Kegiatan ini dilangsungkan di Desa Lagaruda Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar.

pt-vale-indonesia

Beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan termasuk kegiatan-kegiatan yang dapat dimanfaatkan warga selama masa pandemi yang memungkinkan warga lebih banyak beraktivitas di rumah. Seperti, pelatihan pupuk kompos, pelatihan pembuatan es krim rumput laut, sabun herbal dan sabun cuci piring dari rumput laut dan sosialisasi pola hidup sehat di masa pandemi. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Lagaruda ini dihadiri oleh masyarakat setempat dengan sangat antusias.

Jufriadi selaku ketua tim pelaksana memaparkan bahwa, “Antusias masyarakat sangat besar dalam mengikuti PPDM yang difasilitasi oleh RISTEKDIKTI dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Unibos. Tentunya kami berharap masyarakat lebih mampu memanfaatkan waktu untuk melakukan hal-hal yang menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai jual,” tuturnya.

Kegiatan ini juga ditujukan agar masyarakat mitra bisa mandiri dalam mengembangkan usaha rumah tangga dan mengedukasi masyarakat pesisir/nelayan dalam meningkatkan penghasilan tambahan dengan membentuk mitra desa dalam mengembangkan home industry khususnya dalam pengelolaan rumput laut serta memberikan pemahaman tentang pencegahan Covid-19 di pedesaan .

Hal tersebut juga disambut baik oleh warga setempat. “Kegiatan ini sangat membantu dengan adanya program pengembangan desa mitra terutama kaum pemuda desa dan ibu-ibu mereka sangat terbantu untuk meningkatkan pendapatan keluarga,“ ujar Kurniadi selaku Koordinator mitra Desa Lagaruda.(*)