Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni Terima Tanda Penghargaan Gerakan Pramuka Lencana Panca Warsa III

Wabup Gowa Terima Tanda Penghargaan Lencana Panca Warsa III

Selasa, 18 Agustus 2020 | 15:57 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM—Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni selaku Wakil Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Gowa menerima Tanda penghargaan Gerakan Pramuka Lencana Pancawarsa III, Selasa (18/8/2020).

Gubernur Sulawesi Selatan, Prof Nurdin Abdullah selaku Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Sulawesi Selatan menyerahkan Langsung penghargaan ini pada  Apel Besar Gerakan Pramuka dalam Rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka Ke-59 di Lapangan Upacara Rumah Jabatan Gubernur Sulsel.

Penghargaan ini diberikan atas kesetiaan, kepatuhan, ketekunan, kesungguhan, keteguhan dan kesetiaan sebagai anggota dewasa Gerakan Pramuka dalam menunaikan tugas dan kewajiban membina dan mengembangkan Gerakan Pramuka selama lima tahun dan kelipatan lima tahun. 

“Saya mengucapkan selamat kepada beberapa tokoh para penerima penghargaan.Insya Allah yang kita senantiasa mendapat ridho Allah dan mendapatkan petunjuk dari Allah SWT atas penghargaan yang telah kita terima ini,” kata Gubernur Nurdin Abdullah.



Nurdin Abdullah yang juga membacakan sambutan seragam Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen. Pol. (Purn.) Budi Waseso. Mengatakan bahwa sebagai organisasi terbesar di Indonesia, Gerakan Pramuka harus mendapatkan perhatian.

Dirinya menyebutkan hampir setengah dari jumlah Pramuka atau pandu sedunia berasal dari Indonesia. Jumlah anggota Gerakan Pramuka saat ini sekitar 25 juta orang dan merupakan yang terbesar di antara organisasi kepramukaan di seluruh dunia yang jumlahnya mencapai 54 juta orang.

“Jumlah besar inl merupakan potensi yang sangat bermanfaat apabila dapat dimaksimalkan pembinaannya. Karenanya, bantuan pemerintah dan semua pihak sangat diharapkan, agar gerakan pramuka dapat semakin berkembang untuk menjadi bagian penting dalam mewujudkan negara kesatuan republik Indonesia yang adil dan sejahtera berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” ujarnya.

Ia berharap dengan potensi yang besar Gerakan Pramuka dapat terus bersinergi dengan pemerintah khusus di masa pandemi virus corona atau Covid-19 ini. Walaupun saat ini Pramuka telah banyak memberikan kontribusi membantu pemerintah dalam upaya penanganan Covid-19.

“Bagi Gerakan Pramuka, berbagai upaya yang telah dilakukan selama ini juga merupakan bagian dari bela negara, wujud konkrit kecintaan dan pembelaan terhadap Negara Kesatuan Republlk Indonesia,” tambahnya.

Sementara itu, Wabup Gowa yang juga Wakil Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Gowa, H. Abd Rauf Malaganni usai menerima penghargaan mengatakan bahwa penghargaan ini akan menjadi motivasi untuk terus berkontribusi memajukan Gerakan Pramuka khususnya di Kabupaten Gowa.

Selain Wabup Gowa, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Gowa yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Gowa menerima Lencana Darma Bakti atas tenaga, pikiran, milik, dana dan fasilitas yang cukup besar dan sangat membantu kelancaran kegiatan pembinaan dan pengembangan kepramukaan di Provinsi Sulawesi Selatan khususnya di Kabupaten Gowa.

Pada kesempatan Gubernur Nurdin Abdullah  juga melaunching Tamalatea Jurnal Pramuka Indonesia yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Sulawesi Selatan.(*)


BACA JUGA