Dosen FS UMI Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Pengembangan Usaha Jambu Mete

Sabtu, 22 Agustus 2020 | 22:15 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Dosen Fakultas Sastra (FS) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Dr. Hariratul Jannah, M. Hum menggelar sosialisasi dan pelatihan pengembangan usaha Buah Semu Jambu Mete di Desa Gunung Silanu, Kecamayan Bangkala, Kabupaten Jeneponto 10 hingga 11 Agustus 2020.

Kegiatan yang merupakan program pengembangan Desa Mitra Binaan (PPDM) UMI ini digelar dalam rangka diketuai oleh Hariratul Jannah, sedangkan Dr. Nurtaqwa M. Hum bertindak sebagai anggota.

Hariratul Jannah mengatakan, pelaksanaan program ini dibantu oleh mahasiswa Fakultas SastraMuh. Nur Husni dan Fatahillah.

“Kegiatan ini dipusatkan di balai dusun dan pondok pesantren Gunung Silanu. Pelatihan diikuti sebanyak 11 Kelompok Tani yang masing-masing Kelompok diwakili oleh 2 orang ( 22 orang),” papar Bunda Ira, sapaanya, Sabtu (22/8/2020).



“Alhamdulillah hari kedua pelatihan Pengembangan usaha buah semu jambu mete cukup antusias kepala Dusun, Kelompok Tani Dan anggotanya membuat dan menghasilkan abon dari buah semu jambu mete, semoga berkah, Aamin,” tambahnya.

Sementara itu, Nurtaqwa menjelaskan, kegiatan ini meliputi sosialisasi pemanfaatan limbah buah semu jambu mete yang selama ini dibuang saja hingga menjadi tumpukan sampah oleh petani. 

“Dalam pelatihan para peserta dilatih langsung tentang teknik Dan cars pemanfaatan limbah buah semu menjadi abon yg lezat bergizi Dan bernilai ekonomi cukup tinggi,” tuturnya.

“Semoga dengan pelatihan ini para petani tdk lagi membuang buah semi jambu mete tapi mengolahnya menjadi kudapan sekaligus memelihara lingkungan, menambah nilai ekonomi pedesaan,” tutupnya.(*)