Kebakaran terjadi di Pasar Sambung Jawa yang terletak di Kelurahan Tamarunang, Kecamatan Mariso, Sabtu (22/08/2020) malam

Pasar Sambung Jawa Terbakar, Api Diduga Berasal dari Rumah Warga

Minggu, 23 Agustus 2020 | 09:41 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Kebakaran melanda sekitar Pasar Sambung Jawa yang terletak di Kelurahan Tamarunang, Kecamatan Mariso. Kejadian tersebut berlangsung pada Sabtu (22/08/2020) malam. 

Hingga berita ini diturunkan belum diketahui persis penyebab terjadinya kebakaran tersebut. Namun beberapa informasi yang diperoleh, dugaan api berasal dari rumah salah seorang warga.

Dimana rumah tersebut berada di lorong buntu. Tepat di belakang lapak-lapak kayu yang ada di pelataran Jalan Hati Murni – Jalan Cendrawasih. 

“Dugaan dari lorong buntu. Di situ rumah padat penduduk dan api merembes ke lapak-lapak yang ada di sekitar Pasar,” kata Plt Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Makassar, Elodewata wahid. 



Lebih lanjut, disebutkan sekira 25 unit mobil damkar dikerahkan. Mobil tersebut diturunkan untuk menguasai api yang makin membesar. Kemudian dilakukan penyemprotan secara bergantian. 

Sementara, jajaran Direksi PD Pasar Makassar Raya, ketika mendapatkan informasi tersebut langsung melakukan peninjauan ke lokasi kebakaran. Diantaranya adalah, Direktur Utama (Dirut), Basdir, Direktur Umum (Dirum), Nuryanto G. Liwang dan Kasubag Penertiban dan Kebersihan, Muh Jaenul. 

Dari hasil pantauan tersebut, Dirut PD Pasar mengatakan bahwa lokasi kebakaran bukan di area Pasar Sambung Jawa atau yang dikenal Pasar Senggol. Melainkan di area luar pasar saja.

“Tidak masuk area pasar, hanya di bagian luar. Area lapak-lapak tambahan yang berada di ujung jalan Hati Murni,” ujar Basdir. 

Sebagaimana diketahui untuk area pasar senggol yakni mulai dari jembatan beton pertama yang bersebelahan Toko 52. Sampai bagian belakang perempatan lorong 2 yang bersebelahan dengan Jalan KS Tubun. (*)


BACA JUGA