Pengambilan janji Sarjana Kedokteran Fakultas Kedokteran Unibos Makassar Angkatan I Tahun 2020, di Balai Sidang 45 Makassar, Selasa (25/8/2020)

33 Mahasiswa Angkatan Pertama FK Unibos Ikuti Pengambilan Janji Sarjana Kedokteran

Selasa, 25 Agustus 2020 | 19:10 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Sebanyak 33 mahasiswa angkatan pertama Fakultas Kedokteran Universitas Bosowa (Unibos) Makassar mengikuti pengambilan janji dan sumpah sarjana kedokteran. Kegiatan tersebut digelar oleh Unibos Makassar di Balai Sidang 45, Selasa (25/8/2020).

Sarjana Kedokteran Fakultas Kedokteran Unibos Makassar Angkatan I Tahun 2020

Pelaksanaan acara tersebut dilakukan secara offline dengan mengikuti protokol kesehatan dan juga disaksikan oleh para orang tua mahasiswa melalui aplikasi Zoom meeting.

Ketua Panitia Acara, dr. Sandy Kartika Purnomo, dalam sambutannya menyampaikan bahwa ini merupakan pengambilan janji angkatan pertama sejak Fakultas Kedokteran Unibos berdiri pada 25 Juli 2016. Sebanyak 33 mahasiswa yang menjadi peserta hari ini, sebelumnya telah dilakukan yudisium pada tanggal 28 juli 2020 dan akan diwisuda tanggal 27 Agustus 2020. Dan akan melanjutkan ke jenjang kepaniteraan klinik.

“Semoga acara pengambilan janji sarjana kedokteran hari ini bisa menjadi kenangan terindah dan sesuatu yang bermakna,” ujar dr. Sandy.



Dekan FK Unibos Makassar, Dr.dr. Ilhamjaya Patellongi, M.Kes mengharapkan mahasiswa lulusan FK Unibos agar senantiasa menjalankan dan mengamalkan janji yang telah diucapkan, khususnya di setiap bertugas di rumah sakit pendidikan. “Berdoa  dan berusahalah agar pasien pasien yang anda rawat selalu mendapatkan pelayanan yang terbaik dengan begitu insya Allah anda semua akan memperoleh kemudahan untuk lulus dalam semua siklus kepaniteraan ini,” tuturnya.

Tak lupa ia memberi saran kepada mahasiswa agar meluangkan waktu di tengah melaksanakan kepaniteraan klinik, untuk mempeersiapkan diri mengikuti Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD).

“Untuk mempersiapkan diri menghadapi UKMPPD 2 tahun mendatang, marilah anak-anakku kita luangkan waktu di setiap siklus kepaniteraan untuk mempelajari secara khusus seluk beluk ujian UKM yang kita sebut UKMPPD. Insya Allah dengan cara ini anak-anakku bisa menyelesaikan tantangan ini,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Labuang Baji, dr.H.A.Mappatoba, MBA,DTAS,  dalam sambutannya juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan terkhusus kepada FK Unibos yang memilih Rumah Sakit Labuang Baji sebagai mitra kerja melalui kerjasama untuk kepaniteraan klinik. Ia juga menyambut mahasiswa lulusan FK Unibos yang akan menjalankan kepaniteraan klinik di rumah sakit tersebut.

“Saya ingin menyampaikan kepada anak-anakku yang kini sudah masuk di dalam dunia baru dan status baru, selamat datang di Rumah Sakit Labuang Baji. Selamat datang untuk belajar. Apa yang kita dapatkan selama 3 tahun dalam pendidikan nanti akan kita kembangkan di rumah sakit disitu adalah dunia nyata awal yang insya Allah nanti akan anak-anakku hadapi. Insya Allah setelah lulus menjadi dokter gunakan kesempatan dengan baik,” harapnya.(*)


BACA JUGA