Dalam Raker Komisi IV DPR, Anggota Apresiasi Kinerja Pertanian

Rabu, 26 Agustus 2020 | 22:37 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

JAKARTA, GOSULSEL.COM — Komisi IV DPR RI mengapresiasi kinerja Sektor Pertanian dibawah Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dalam menjaga produksi pangan selama pandemi Covid-19. Berkat kerja kerasnya itu, PDB Pertanian tumbuh positif dan menjadi tulang punggung ekonomi nasional.

“Bahkan sektor pertanian menjadi satu-satunya sektor untuk PDB kuartal II yang tumbuh positif dalam kondisi pandemiĀ  ini,” ujar Anggota Komisi IV DPR RI Johan Rosihan saat menggelar Rapat Kerja bersama Mentan Syahrul Yasin Limpo di Gedung Parlemen, Rabu (26/8/2020).

Menurut Johan, capaian ini merupakan bukti bahwa sektor pertanian merupakan penyokong kuat bagi pemulihan ekonomi nasional. Karenanya, ia berharap Kementan mendapat tambahan anggaran untuk melanjutkan pembangunan pertanian.

“Sebagai rewad atas pertumbuhan sektor pertanian ini anggaran harus dinaikan. Jangan malah dikurangi. Ini menjadi bukti bahwa hanya sektor pertanian saja yang mampu tumbuh positif di tengah pandemi Covid-19,” katanya.



Johan mengatakan, Mentan Syahrul memiliki kepekaan dalam mengambil kebijakan. diantaranya adalah kebijakan ekspor dan menekan angka impor. Kata Johan, kebijakan tersebut sangat tepat dan harus dijalankan secara baik karena impor adalah bentuk penjajahan.

“Saya akan berdiri bersama pak Mentan untuk mengurangi impor. Kita ini harus meningkatkan produksi dalam negeri di saat negara-negara lain lebih mementingkan kebutuhan negaranya sendiri,” katanya.

Senada dengan Johan, Anggota Komisi IV lainya, Charles Meikyansah juga mengapresiasi kinerja jajaran Kementerian Pertanian selama pandemi. Juga apresiasi kepada Kementan yang mendapat penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai Kementerian yang memiliki data akurat pemberi bantuan pupuk dan benih subsidi dengan memanfaatkan nomor induk kependudukan (NIK).

“Saya sangat mengapresiasi atas penghargaan yang didapat dari KPK. Dari sini kita berharap sektor pertanian masih bisa mencatatkan pertumbuhan postifi pada kuartal ketiga dan keempat agar pereonomian nasional lebih baik,” katanya.

Anggota Komisi IV lainya, Salim Fakhry mengaku bangga dengan kerja keras Mentan Syahrul yang setiap Minggu turun langsung ke lapangan. Menurut dia, Syahrul merupakan sosok ideal karena pertanian membutuhkan tenaga ekstra dan pengecekan lapangan.

“Kalau dilihat dari action Mentan Syahrul, sudah seharusnya program food estate ini ada dibawah kendalinya. Karena pekerjaan lapangan sangat dikuasai sekali oleh Mentan Syahrul,” tutupnya.(*)


BACA JUGA