Kadishub Makassar, Mario Said saat ditemui di Balai Mutiara, Kamis (02/04/2020).

Bus Wisata Segera Hadir di Makassar, Ternyata dari Truk Sampah

Sabtu, 29 Agustus 2020 | 22:23 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin berencana menghadirkan bus wisata gratis. Olehnya, truk sampah akan dimodifikasi sedemikian rupa disulap menjadi bus.

Diungkapkan oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar, Mario Said, modifikasi pun akan segera dilakukan. Ini dilakukan sesuai instruksi dari Rudy Djamaluddin.

pt-vale-indonesia

“Kalau rencananya Pimpinan dia menginginkan truk sampah itu kapasitas bisa lebih banyak dibandingkan yang sekarang, maka sistemnya dia press. Sebenarnya sudah ada pengenalannya, sudah ada di perlengkapan, mungkin itu yang mau diperbanyak,” kata Mario saat dihubungi, Jumat (28/8/2020).

Beber Mario, kapasitas truk sampah yang lain bisa memuat sampah lebih dengan dengan sistem press. Dengan itu, sebagian truk sampah yang ada akan diperuntukkan jadi bus wisata.

“Karena kalau saya tidak salah, truk sampah yang ada sekarang, jika kebutuhannya 1 kali, itu sebenarnya bisa 5 kali, karena bisa di press ki di dalam sampahnya,” bebernya.

Kendati demikian, kekhawatiran terkait tak layaknya kondisi kendaraan truk sampah untuk memuat manusia tetap ada. Pihaknya pun akan mengeceknya terlebih dahulu.

Namun, menurutnya, truk sampah Tangkasa yang umumnya digunakan mengangkut sampah memiliki kondisi yang layak. Rencananya, sebanyak 3 truk sampah akan dimodifikasi.

“Saya kira pasti dilihat memang kondisi mobil sampah yang bagus, kan mobil sampah yang Tangkasa itu kan lumayan bagus. tapi itu mungkin itu baru mau dicoba dulu 3 dulu,” paparnya.

Sementara itu kapasitasnya pengangkutan untuk manusia sendiri, kata Mario, truk sampah bisa mengangkut sekitar 20 orang. Apalagi, menurutnya, bisa lebih banyak jika fasilitas untuk penumpang yang berdiri pun disediakan. 

“Kapasitasnya kalau bus bus 3/4 kan paling 22-24, begitu truk sampah, sekitar itu, tapi kan ada yang duduk, ada yang berdiri kalau memang begitu,” imbuhnya.

Sementara untuk penyediaan bus wisata lainnya, Mario menyebutkan terdapat 2 kendaraan bantuan. Ini berasal dari Pemprov Sulsel yang didapatkan bantuan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Mungkin ada dulu 2, dari provinsi. Bukan Damri, ada bantuan dari kementerian, bukan BRT karena BRT itu Damri. Ini langsung dari kementerian,” pungkasnya.(*)