Ilustrasi

Penerima BLT Subsidi Gaji di Makassar Dipastikan Bertambah

Senin, 31 Agustus 2020 | 19:40 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Karyawan atau pekerja di Kota Makassar patut berbahagia. Pasalnya, Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) memastikan penambahan penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Disnaker Kota Makassar, Andi Irwan Bangsawan. Ia menyebut, bahwa BSU yang telah berjalan saat ini hanyalah tahap pertama. 

Untuk diketahui, sudah ada 115.000 yang telah terdaftar sebagai penerima BSU. Subsidi berupa Rp600 ribu ini pun mulai cair dan ditransfer langsung ke rekening pribadi mereka.

“Tapi nanti lebih untuk Kota Makassar. Tambahan masih ada nantinya. Jadi ini kan kemarin baru 115.000 yang tercover,” sebutnya saat dihubungi, Senin (31/8/2020).



Tahap kedua untuk menambah penerima BSU akan dilakukan pada September nanti. Sementara untuk jumlah tambahan karyawan yang menerima merupakan urusan dari BP Jamsostek. 

“Ini kan tahap pertama masih ada tahap selanjutnya di September,” beber Irwan. 

“Saya belum tahu, karena datanya di BP Jamsostek, kemarin yang baru tersalurkan 115.000,” lanjutnya. 

Terakhir, ia mengatakan, jika bantuan dari pemerintah pusat ini sangatlah membantu para pekerja. Menurutnya, mereka yang terpuruk secara ekonomi akibat pandemi Covid-19 akhirnya bisa terbantukan.

“Ini sangat bermanfaat bagi peningkatan dan perbaikan kesejahteraan pekerja terutama bagi 5 juta ke bawah,” tutupnya. 

Diketahui, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI memberi subsidi ini kepada pekerja swasta yang telah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek. Adapun ketentuannya ialah penerima merupakan peserta BP Jamsostek yang masih aktif.

Mereka memiliki upah di bawah Rp5 juta per bulannya. Merujuk pada data upah yang dilaporkan dan tercatat pada BP Jamsostek.(*)