#

Anis Kurniawan: Desa Harus Dibangun dari Semangat Anak Muda

Minggu, 06 September 2020 | 09:06 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Khaerul Fadli - Gosulsel.com

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM–Anis Kurniawan, seorang Tokoh Pemuda yang juga socialpreneurship berkunjung ke beberapa desa di Bulukumba.

Kunjungan Fouder Klikhijau.com ini dalam rangka berbagi gagasan sekaligus melihat geliat anak-anak muda di Desa.

“Saat ini, desa harus dibangun dari semangat dan imajinasi anak-anak muda. Mereka harus diberi ruang, dimediasi dan disupport agar bisa berkembang secara luas,” kata Anis Kurniawan. Sabtu (5/9/2020)

Menurut Anis, Kabupaten Bulukumba punya potensi luar biasa di berbagai bidang, pertanian, budaya, hingga pariwisata. Tak hanya itu, anak-anak muda di Bulukumba juga punya espektasi dan harapan untuk lebih maju ke depan.



“Di tengah massifnya informasi, semua orang bisa melihat dan mengakses perubahan dan hal-hal baik dari mana saja. Ini suatu peluang bagi anak-anak muda untuk tidak apatis. Sarjana-sarjana muda harus berani pulang ke kampung membangun desanya,” kata Anis.

Anis juga menyoroti perlunya tiap desa berinovasi tanpa batas, memperkuat akses luas dan apa pun yang dapat menguatkan kapasitas anak-anak muda.

“Desa harus mengeksplorasi potensinya, melibatkan anak-anak muda berpikir. Beri mereka ruang, pemerintah harus menfasilitasinya agar pendidikan dan akses informasi di desa berjalan baik. Bila perlu, beri beasiswa buat pemuda desa terbaik dan siapkan akses free internet berbasis desa,” katanya.

Saat ini, Anis juga sedang merancang program aksi kolaboratif dengan berbagai komunitas anak-anak muda untuk isu-isu strategis seperti masalah budaya dan lingkungan.(*)