Proses distribusi Kartu Tani untuk para petani di Kecamatan Tamalanrea, Kamis (10/09/2020).

Bertahap, DP2 Makassar Bagikan Kartu Tani di Kecamatan Ini

Kamis, 10 September 2020 | 23:21 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar mendistribusikan bantuan kepada para petani melalui pembagian Kartu Tani. Pembagian dilakukan secara bertahap.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Seksi Padi Palawija DP2 Makassar, Haflah Harun. Ia menuturkan, hingga saat ini, pihaknya sudah menyalurkan 556 Kartu Tani kepada petani di empat kecamatan, yakni Tamalate, Manggala, Panakkukang dan Rappocini.

Jumlah ini dipastikan masih akan terus bertambah. Sebab, masih ada kecamatan lain yang masih menunggu pendistribusian, yaitu Biringkanaya, dan Tallo. Sedangkan Tamalanrea sedang dalam proses pendistribusian. 

Proses distribusi Kartu Tani untuk para petani di Kecamatan Tamalanrea, Kamis (10/09/2020).

“556 kartu sudah dibagi di empat kecamatan,” ujar Haflah yang ditemui di sela-sela kegiatannya memantau pendistribusian Kartu Tani di Kecamatan Tamalanrea, Kamis (10/9/2020).



Haflah juga menjelaskan, sebanyak 1.834 petani di Kota Makassar telah terdaftar dalam elektronik-Rencana Definitif Kebutuhan Kelompoktani (e-RDKK). Akan tetapi, baru 1.692 yang berhasil diverifikasi oleh pihak BNI untuk memperoleh Kartu Tani.

“Artinya masih ada 142 yang belum lolos. Yang belum lolos ini akan diproses ulang, bersama dengan data petani lain yang memang belum sama sekali terinput,” terangnya.

Untuk diketahui, Kartu Tani merupakan sarana akses layanan perbankan terintegrasi yang berfungsi sebagai simpanan, transaksi, penyaluran pinjaman hingga kartu subsidi atau e-wallet yang telah dilaunching oleh DP2 Makassar sejak bulan Juni lalu. (*)


BACA JUGA