Dosen Akuntansi FEB UMI melaksanakan pengabdian masyarakat, Senin (7/9/2020)

Dosen Akuntansi FEB UMI Latih Penyusunan Laporan Keuangan BumDesa

Kamis, 10 September 2020 | 15:39 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Dosen Akuntansi FEB UMI melaksanakan pengabdian masyarakat sebagai salah satu tugas pokok dosen untuk menunjang tri dharma perguruan tinggi selain pengajaran dan penelitian, Senin (7/9/2020).

Kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan oleh Ummu Kalsum dan Edy Susanto mengangkat tema ‘Penyusunan Laporan Keuangan Badan Usaha Milik Desa (BumDesa) di Desa Timbuseng Kec. Patalassang Kab.Gowa.’

Program pengabdian kerjasama LPkM UMI ini merupakan upaya membantu masyarakat dan memberikan solusi atas beberapa aktivitas demi kemajuan masyarakat dan lingkungan sekitarnya khususnya BumDesa di desa Timbuseng, urai Ummu sebagai Ketuam Tim Dosen Pengabdi.

Lebih lanjut, Ummu mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah memberikan pelatihan terkait teknik menyusun laporan keuangan yg sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku agar laporan yang dihasilkan sesuai standar dan etika yang berlaku.



Edy sebagai anggota pengabdian menjelaskan BumDes di desa Timbuseng merupakan usaha yang berada dibawah naungan pemerintahan desa seharusnya berbadan hukum dan harus menyusun serta membuat laporan keuangan yang berdasar pada Standar Akuntansi Keuangan yg di terapkan agar laporan yang dihasilkan bersifat akuntabel.

Kegiatan ini diikuti langsung oleh kepala desa, bendahara desa, direktur BumDesa, bendahara BumDesa dan karyawan BumDesa di Desa Timbuseng.

Proses pelatihan terbagi beberpa sesi yaitu sesi penyampaian materi, sharing session dan praktek yg diharapkan dengan metode ini akan memberikan bekal pengetahuan yang memadai yang khususnya aparat BumDesa di Desa Timbuseng.

‚ÄúDari kegiatan ini, kami bersyukur dan sangat terbantu. Penjelasan yang diberikan oleh tim pengabdi UMI mampu menjawab beberapa masalah yang terjadi di BuMDesa kami,” tutur H. Rabaking sebagai kepala Desa Timbuseng.

Lebih lanjut, direktur BumDesa mengharapkan agar kegiatan seperti ini tidak terhenti setelah acara pelatihan ini. “Kami mengharapkan adanya kerjasama dalam bentuk pendampingan terkait masalah khususnya keuangan yang kami alami di BumDesa,” tutup Direktur BumDesa Desa Timbuseng.(*)