Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah bersama Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin melakukan pengecekan kondisi terkini Tol Layang Ujungpandang Seksi Tiga, Rabu (9/9/2020)

Jokowi Bakal Hadir, Nurdin dan Rudy Pantau Progres Tol Layang Makassar

Kamis, 10 September 2020 | 08:44 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah bersama Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin melakukan pengecekan kondisi terkini Tol Layang Ujungpandang Seksi Tiga, Rabu (9/9/2020). Ini dilakukan jelang kedatangan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) yang rencananya akan meresmikan tol layang pertama di kawasan timur Indonesia tersebut.

Dalam kunjungan tersebut, Nurdin dan Rudy mengecek detail kondisi struktur ruas beton yang memanjang hingga 14,10 kilometer tersebut. Sebelum menuju ke lokasi, dilakukan dulu pemaparan progres pengerjaan tol oleh pihak Wika sebagai penanggung jawab proyek.

Setelah mendengar paparan pihak Wika, selanjutnya Nurdin dan Rudy beranjak melihat langsung fisik tol yang  kini sudah memasuki proses finishing. Dalam pantauannya, Nurdin mengatakan hadirnya tol layang ini akan dapat membantu mengurai kemacetan yang kerap terjadi di sekitar Jalan A. P Pettarani. 

“Alhamdulillah proyek yang mulai dikerjakan sejak 2018 ini sudah masuk di tahap penyempurnaan. Pengerjaannya sudah memasuki 91,55%, tinggal merapikan bagian atas (tol) lalu bagian bawah(arteri) dilakukan perbaikan jalanan. Rencananya jika tidak ada halangan, Oktober mendatang Presiden RI akan hadir di Kota Makassar meresmikan secara langsung. Kehadiran tol ini tentu juga akan membantu arus lalu lintas yang kerap padat di sekitar arah AP Pettarani,” ungkapnya.



Sementara itu, Rudy Djamaluddin di sela peninjauannya berharap tol sepanjang 10,4 kilometer ini kedepannya dapat memicu perekonomian di berbagai sektor. Investor pun diharapkan bisa tergoda untuk berinvestasi di Makassar.

“Besar harapan saya keberadaan tol Pettarani dapat menggerakkan roda perekonomian di Makassar,terlebih saat ini pergerakan Covid-19 sudah perlahan melandai. Olehnya itu dengan kemudahan akses jalan semoga investor dapat makin melirik Makassar sebagai daerah maju,” harapnya.

Ditargetkan pada Desember mendatang masyarakat Makassar sudah dapat menggunakan fasilitas jalan tol ini. Lalu selanjutnya akan dibangun jalan tol lainnya yang akan menghubungkan antara Barombong dan Takalar.(*)