Pertamina menggelar event pameran virtualnya, yakni Pertamina SMEXPO 2020. Dimulai 9 hingga 11 September.

Pameran Virtual SMEXPO, Ajang Mitra UMKM Pertamina di Sulawesi Perluas Pangsa Pasar

Kamis, 10 September 2020 | 23:40 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Di tengah terbatasnya aktivitas yang menuntut keterlibatan massa secara fisik dalam jumlah besar, event-event virtual mulai bermunculan dan seketika menjamur. Itu juga yang dilakukan Pertamina melalui event pameran virtualnya, yakni Pertamina SMEXPO 2020.

Pertamina SMEXPO 2020 merupakan pameran virtual yang melibatkan 100 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) binaan Pertamina dan menyuguhkan tidak kurang dari 1226 produk UMKM yang unik dan bervariasi. Kegiatan ini juga berlaku sebagai marketplace yang memberikan ruang bagi para pengunjung untuk bertransaksi secara langsung. Event ini berlangsung dari tanggal 9 hingga 11 September 2020.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, menjelaskan, program ini adalah dukungan nyata Pertamina terhadap UMKM. Terutama mitra binaan Pertamina. 

“Pertamina berperan nyata dengan memberikan pelatihan dan juga menyediakan pasar digital untuk UMKM unggulan ini. Sehingga diharapkan meraka dapat terus meningkatkan kualitas produk dan memudahkan dalam bertransaksi membeli produk mereka,” katanya.



Unit Manager Communication & CSR Marketing Operation Region (MOR) VII, Laode Syarifuddin Mursali, juga menyebutkan bahwa Pertamina SMEXPO 2020 ini merupakan salah satu upaya pembinaan yang diberikan Pertamina bagi UMKM-nya. Agar terus produktif dan berkreasi di tengah pandemi. 

“Event ini juga memanfaatkan momentum maraknya event-event virtual yang sekarang sedang populer,” jelasnya.

Dari 100 mitra binaan terpilih untuk mengikuti Pertamina SMEXPO 2020, lanjut Laode, ada 10 mitra binaan yang berasal dari Sulawesi, diantaranya 6 orang berasal dari Sulawesi Selatan dan 4 orang yang berasal dari Gorontalo. Usaha mitra binaan tersebut pun bervariasi, mulai dari fashion, craft, hingga food and beverage (F&B).

Salah satu UMKM yang berasal dari Kota Makassar yakni Fitriya Asri. Pemilik Usaha Lamenda Jahit Butik ini menuturkan bahwa usahanya terus mengalami peningkatan. Ini sejak dirinya bergabung menjadi mitra binaan Pertamina pada 2017 lalu. 

“Usaha saya sudah beberapa kali diikutkan pameran, mulai dari pameran nasional hingga pernah pameran di Malaysia,” tuturnya.

Lain lagi dengan Pemilik Usaha Kerajinan Tirai Rotan asal Kota Gorontalo, Asrin Kamudi. Ia mengatakan bahwa dirinya bergabung tahun awal tahun 2020 melalui Rumah Kreatif BUMN (RKB) Pertamina yang berada di Kabupaten Bone Bolango Gorontalo.

“Awal tahu ada Program Kemitraan Pertamina melalui petugas di RKB Pertamina. Sejak saat itu, banyak pelatihan dan workshop yang telah diikuti untuk lebih mengembangkan produk sehingga punya nilai jual yang lebih tinggi,” ungkapnya.

Pertamina SMEXPO 2020 ini secara gratis terbuka bagi masyarakat umum. Masyarakat bisa melakukan registrasi melalui www.pertaminasmexpo.com untuk kemudian bertransaksi di booth virtual UMKM. Selain berbelanja, masyarakat juga bisa mengikuti keseruan acara melalui kanal Youtube Pertamina, BUMN, dan Gen UMKM. (*)

Tags:

BACA JUGA