Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin saat menghadiri program Gerakan Trisula di Lapangan Karebosi, Kamis (10/09/2020).

Pj Wali Kota Makassar Hadiri Pencanangan Gerakan Trisula Tekan Angka Covid-19

Kamis, 10 September 2020 | 16:22 Wita - Editor: Dilla Bahar -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Berbagai upaya pencegahan Covid-19 terus dilakukan guna memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19. Salah satu langkah ditempuh yakni gerakan program Tracing, Testing, dan Educating (Trisula). Gerakan program ini terdiri dari 3 langkah untuk menekan laju pandemi Covid-19 di Sulsel. 

Yang pertama, pelacakan massif (massive tracing), kedua pengujian secara agresif (aggressive testing). Serta ketiga adalah edukasi pelaksanaan protokol kesehatan.

Pj Wali Kota Makassar, Rudy Djamaluddin yang hadir bersama Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah dalam pencanangan Gerakan Trisula yang digelar di Lapangan Karebosi, Kamis (10/09/2020). Melakukan peninjauan secara langsung 2 unit mobil PCR yang akan dioperasikan sebagai bagian dari upaya pemutusan rantai Covid-19.

Kedua unit kendaraan tersebut, salah satunya akan difokuskan untuk kota Makassar, sedangkan satu unit lainnya akan digunakan di kabupaten/kota lainnya yang ada di Sulawesi Selatan.



Selain itu, telah tersedia pula 12 fasilitas laboratorium. Di mana yang akan digunakan untuk memasifkan upaya pencegahan Covid19.

Pencanangan Gerakan Trisula sebagai wujud komitmen bersama Gubernur Sulsel, Panglima Kodam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka, dan Kapolda Sulsel Merdisyam. Serta Pemerintah Daerah, untuk kompak masifkan gerakan pemutusan rantau Covid19.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, menjelaskan, untuk saat ini Pemprov Sulsel bersama Pemerintah Kabupaten atau Kota se-Sulsel sudah memiliki 12 laboratorium dan 2 mobil PCR khusus untuk Covid-19.

“Jadi ini kita sudah punya 12 laboratorium, dari 3 kemudian menjadi 7, dan sekarang sudah 12 di Sulsel, ditambah lagi 2 mobil PCR, ini milik pemerintah provinsi,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Nurdin Abdullah menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen yang membantu dalam program ini. Seperti anggota TNI, Kepolisian, OPD lingkup Pemprov Sulsel dan seluruh tenaga kesehatan baik dokter, perawat dan tenaga laboratorium.

“Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota TNI Bapak Pangdam, seluruh anggota kepolisian dan Bapak Kapolda Sulsel. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pejuang yang telah menghadapi Covid-19 di Sulsel,” ucapnya. (*)


BACA JUGA