Bupati dan Wakil Bupati Gowa Terima Kunjungan BPK Perwakilan Sulsel

Jumat, 11 September 2020 | 23:53 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM–Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan didampingi Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni menerima kunjungan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Kamis (10/9/2020).

Wakil Penanggungjawab Pemeriksaan BPK Perwakilan Prov Sulsel, Suhardi mengatakan tujuannya menemui orang nomor satu di Gowa ini untuk menyampaikan pelaksanaan pemeriksaan pendahuluan atas Penanganan Covid-19 di Kabupaten Gowa. 

pt-vale-indonesia

“Dalam waktu 25 hari kedepan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Provinsi Sulsel akan melakukan pemeriksaan kinerja pendahuluan atas penanganan pandemi Covid-19 bidang kesehatan Tahun Anggaran 2020 pada Pemerintah Kabupaten Gowa dan instansi terkait lainnya yang dimulai hari ini,” ujar Suhardi.

Lanjut Suhardi, dirinya mengatakan pemeriksaan ini juga untuk mengetahui dan melihat seberapa besar kinerja dan aktivitas Pemerintah Kabupaten/Kota khususnya Kabupaten Gowa dalam upaya penanganan Covid-19.

“Untuk di wilayah Sulawesi Selatan selain Pemerintah Provinsi Sulsel, ada dua Kabupaten/kota yang kita jadikan sample yakni Kabupaten Gowa dan Kabupaten Maros,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan pemeriksaan ini bukan untuk mencari kesalahan, namun untuk melihat dan menyesuaikan kondisi yang ada. Sehingga jika ada ketidaksesuaian, nantinya akan diberikan solusi sehingga mampu menyajikan laporan sesuai dengan aturan yang ada.

“Kami berharap selama pemeriksaan berlangsung seluruh data-data dan koordinasi yang baik dari instansi terkait. Karena dari hasil kesimpulan pemeriksaan ini kami akan melihat daerah mana yang betul-betul memiliki aktivitas yang baik selama masa penanganan Covid-19,” harapnya.

Sementara itu, Adnan mengaku siap bekerjasama selama proses pemeriksaan dan pihaknya akan menyiapkan data-data yang dibutuhkan. Olehnya itu ia meminta agar seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait agar bisa mempersiapkan data-data yang dibutuhkan selama pemeriksaan.

“Silahkan bapak melakukan koordinasi dengan instansi terkait. Namun pada dasarnya semua anggaran yang digunakan dalam penanganan covid itu sudah di review oleh Inspektorat,” ujarnya.

Turut hadir mendampingi Bupati Gowa, Kepala Inspektorat Kabupaten Gowa, Hj Kamsinah, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gowa, Muh. Arfah, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gowa, Syamsuddin Bidol dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, dr. Hasanuddin. (*)


BACA JUGA